News

XL Axiata Hadirkan 4G LTE di Samarinda dan Balikpapan

xl kalimantan homeSebagai bentuk respon positif XL Axiata untuk memperkuat layanan data hingga ke pelosok nusantara, XL Axiata belum lama ini menghadirkan jaringan 4G LTE di Samarinda dan Balikpapan.

Sebagian akses internet dan Data di kedua kota terbesar di Kalimantan Timur tersebut juga ditujukan untuk tujuan produktif, misalnya akses ke bisnis online, baik skala rumahan maupun UKM dan industri.

Selain itu, masyarakat juga memanfaatkan koneksi internet di Samarinda dan Balikpapan tersebut adalah untuk tujuan pendidikan, sosial, hingga pelestarian budaya.

XL Axiata meyakini, koneksi internet cepat 4G juga akan mampu membantu promosi pariwisata daerah ke tingkat nasional dan internasional. Apalagi, Kalimantan Timur memiliki potensi yang besar di bidang ini.

XL Axiata menilai bahwa kedua kota besar di Kalimantan Timur tersebut memiliki potensi ekonomi yang besar, dan akan menjadi kota-kota penopang utama pembangunan di kawasan Kalimantan Timur dan Utara hingga perbatasan dengan Sabah.

Gubernur Kalimantan Timur, Drs. H. Awang Faroek Ishak, M.M, M.Si. dan Handono Warih (Vice President XL Axiata North Region), meresmian komersialisasi layanan XL 4G LTE di Samarinda, pada hari Sabtu (22/4). Hadir juga dalam acara ini adalah Walikota Balikpapan, H.M Rizal Effendi, SE, Walikota Samarinda, Bapak H. Syaharie Jaang S.H.,M.Si. serta jajaran SKPD dan tokoh masyarakat setempat.

Handono Warih mengatakan bahwa layanan internet cepat 4G LTE di Samarinda dan Balikpapan ini akan mendukung aktivitas masyarakat dan juga pelaku bisnis di kota ini, dan dampak positifnya secara tak langsung juga akan dirasakan di daerah sekitarnya. Apalagi Samarinda adalah pusat pemerintahan provinsi dan perekonomian.

Adapun layanan 4G LTE dari XL Axiata ini akan sangat membantu aktivitas di berbagai bidang, baik pemerintahan (layanan publik e-government) maupun bisnis, termasuk juga di bidang hiburan, hingga aktivitas sosial kemasyarakatan secara khusus di Samarinda dan Balikpapan.

Di Samarinda, area yang terjangkau layanan 4G pada tahap awal ini adalah Loa Janan Ilir, Palaran dan Sanga-sanga Pada area-area tersebut terdapat pusat pemerintahan provinsi dan daerah, pusat bisnis lokal, sentra industri, beberapa lembaga pendidikan, pemukiman warga, Kantor Gubernur, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie, Mall, dan ruang publik lainnya. Layanan internet cepat 4G akan membantu peningkatan kinerja dan produktivitas masyarakat di kota tersebut.

Sementara itu, di Balikpapan meliputi area Klandasar Ulur, Mayjen Sutoyo, Jend Sudirman, Ruhui Rahayu, Soekarno Hatta, Baru Ulu, Syarifuddin Yoesa, yang dukung oleh 100 BTS 4G.

Penyediaan layanan 4G di Kota Samarinda dan Balikpapan sekitarnya merupakan respon atas terus meningkatnya permintaan pelanggan dan masyarakat atas layanan internet dan Data yang lebih berkualitas. Dari total lebih dari 25 ribu pelanggan pelanggan di kota-kota tersebut, 50% di antaranya merupakan pelanggan aktif layanan data, dan telah menggunakan smartphone 4G. Pelanggan dan masyarakat di kedua kota sudah bisa memanfaatkan layanan 4G sejak 23 Maret 2017 lalu. (YOKE)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close