News

XL Sukses Layani Kebutuhan Data Sepanjang Pilkada DKI Jakarta

Jaringan-4G-LTE-XLAjang pemilihan kepala daerah (putaran terakhir) gubernur dan wakil gubernur Provinsi DKI Jakarta yang berlangsung pada 19 April 2017 berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.

Selain peran serta warga masyarakat DKI yang berkomitmen untuk tetap menjaga ketertiban selama Pilkada belangsung, satuan petugas pengamanan, juga peran serta dari operator sebagai penyedia jaringan dan akses internet yang lancar. Salah satunya adalah PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang mampu secara maksimal melayani kebutuhan warga Ibu Kota Jakarta atas layanan data sepanjang hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta Putaran 2, Rabu (19/4).

Meskipun di hari pemungutan suara tersebut instansi pemerintah dan swasta banyak yang tutup dan meliburkan semua pegawainya, namun XL mencatat bahwa di hari itu tetap terjadi kenaikan trafik sekitar10% dibanding hari-hari biasa. Dan akses ke media sosial (medsos) yang paling mendominasi.

Seperti disampaikan oleh Bambang Parikesit (Vice President Jabodetabek Region XL Axiata) yang mengatakan bahwa seperti diprediksi sebelumnya, Pilkada DKI Jakarta mendapatkan perhatian sangat luas, termasuk oleh warga di luar Jakarta. Hal ini memicu keinginan untuk membangun informasi sebanyak mungkin dengan mengakses media sosial dan mengunggah semua format pesan, termasuk foto dan video dari jaringan internet.

Bambang menyebut, pada media sosial, akses tertinggi tetap pada medsos utama, yaitu Instragram, Facebook, Twitter, LINE, dan Path. Selain itu penggunaan instant messenger WhatsApp juga cukup tinggi. Kenaikan akses paling tinggi ada pada layanan Instagram, yaitu rata-rata 50% dibanding hari-hari biasa di semua wilayah kecuali Kepulauan Seribu, dengan kenaikan tertinggi di wilayah Jakarta Pusat setinggi 155%.

Menurutnya, intensitas penggunaan layanan data ini tidak terlepas dari semakin baiknya kualitas jaringan internet dan data dari XL Axiata di wilayah DKI Jakarta, di mana layanan 4G LTE sudah hampir merata di setiap sudut kota. Selain itu, di beberapa area bahkan sudah terlayani oleh 4.5G.

XL menyebutkan, bahwa jaringan XL Axiata sama sekali tidak mengalami kendala apa pun dalam memberikan layanan telekomunikasi dan data sepanjang berlangsungnya momen pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Hal ini dapat tercapai, dikarenakan langkah antisipasi dan persiapan yang dilakukan oleh XL untuk memastikan kualitas jaringan, dan secara khusus melakukan penguatan jaringan di semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada, termasuk di Ibu Kota. (YOKE)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close