News

Samsung Galaxy A5 2017 Sensasi Premium bisa motret dalam air

AA5 6khir Desember 2014 lalu, saat pertama kali Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy A5, smartphone yang membidik segmen kelas menengah ini cukup sukses dan disambut baik oleh pasar. Hal ini yang kemudian mendorong Samsung tetap merilis generasi penerus dari Samsung Galaxy A5 di tahun-tahun berikutnya, yakni Samsung Galaxy A5 (2016) dan Samsung Galaxy A5 (2017).

Henpon ini diperkenalkan bersamaan dengan Galaxy A3 (2017) dan A7 (2017) yang dihadirkan untuk menyasar segmentasi pasar kelas menengah atas. Dan kali ini Jangan Tulalit mengupas Samsung Galaxy A5 (2017) untuk Anda.

DESAIN DAN LAYAR

A5 5Samsung Galaxy A5 (2017) terbuat dari  bahan full metal (logam), yang menjadikannya memiliki tampilan premium dan mewah. Bahan logam ini dibangun di sekeliling henpon ini, sisi henpon, dan casing belakangnya. Sedangkan pada bagian layar dan back cover-nya menggunakan material kaca dengan pelindung Corning Gorilla Glass 4.

Samsung Galaxy A5 (2017) secara garis besar memiliki tampilan yang ergonomis, memiliki empat sudut henpon yang membulat, dengan bagian belakangnya yang memiliki lengkungan yang agak membulat. Sehingga sangat nyaman di dalam genggaman tangan Anda.

Konsep ini sedikit berbeda dengan desain bodi Galaxy A5 (2016) yang lebih terkesan “kaku” dan persegi dengan terlihat tegas. Dan dengan dimensi 146.1 x 71.4 x 7.9 mm dan bobot 157 gram, menjadikan henpon ini sangat pas dan terasa kokoh di dalam genggaman tangan Anda.

A5 1Untuk meminimalisir resiko kerusakan perangkat, Samsung telah menghadirkan sertifikasi perlindungan tahan air dan tahan debu IP68. Yang memungkinkan henpon ini untuk tetap tahan meski terendam di dalam air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Fitur ini pula yang membedakan Samsung Galaxy A5 (2017) dengan Samsung Galaxy A yang dirilis tahun 2016 dan 2015, yang beluk dibekali dengan sertifikasi IP 67 atau IP 68.

Penampang visual di Samsung Galaxy A5 (2017) menggunakan layar berjenis Super AMOLED capacitive touchscreen berukuran 5,2 inci (dengan resolusi 1080 x 1920 pixels), tingkat kerapatan layar ~424 ppi pixel density, rasio layar dan bodi 71,5%, dan layarnya dapat memancarkan 16 juta spektrum warna.

Penggunaan layar berjenis Super AMOLED ini sangat berpengaruh besar pada tingkat kualitas visual dan tampilan layar Samsung Galaxy A5 (2017). Yang menghasilkan warna yang sangat cerah , dan kontras yang lebih tajam ketimbang jika menggunakan layar berjenis IPS.

KINERJA

A5 7Beralih ke performa dari henpon ini, Samsung mempercayakan Samsung Galaxy A5 (2017) dengan processor octa core garapan Samsung sendiri yakni Exynos 7880 dengan clock speed 1,9 GHz (Cortex –A53). Dipadu dengan kinerja kelola grafis GPU Mali –T830MP3. Henpon yang menjalankan OS Android v6.0.1 Marshmallow ini juga didukung oleh RAM 3GB dan kapasitas penyimpanan memori internal sebesar 32GB yang dapat diperluas dengan penyimpanan eksternal MicroSD hingga 256GB.

Dapur pacunya ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni Samsung Galaxy A5 (2016) yang menggunakan processor octa core Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 atau Exynos 7580 dengan didukung oleh GPU Adreno 405 atau Mali – T720MP2. Dan didukung oleh 2GB RAM, kapasitas penyimpanan memori internal hanya 16 GB dan didukung penyimpanan memori eksternal melalui MicroSD hingga 256GB.

Untuk menguji performa keseluruhan dari CPU dan GPU dari henpon ini kami menggunakan beberapa aplikasi yakni NenaMark2 dan Antutu Bechmark v2.6.7. Dengan menggunakan aplikasi NenaMark2, hasil pengukuran kelola grafisnya menunjukkan 59,8fps. Angka performa ini cukup tinggi untuk rata-rata angka kinerja kelola grafis di henpon kelas menengah.

Wajar, jika kami tidak menemukan kendala yang berarti saat menjalankan beberapa aplikasi game dengan grafis cukup berat seperti GVA V San Andreas, dan Need for Speed. Grafisnya smooth, tidak nge-lag atau patah-patah saat game dimainkan.

Sedangkan dengan menggunakan aplikasi Antutu Bechmark v2.6.7, maka Samsung Galaxy A5 (2017) sanggup mengukir skor 56594. Angka yang cukup lumayan untuk henpon kelas menengah, terbukti dengan mantapnya henpon ini untuk menangani berbakai aktivitas Anda. Mulai dari multitasking aplikasi, kinerja yang stabil dan dapat menjalankan ragam aplikasi dengan lancar dan mulus.

FITUR

A5 8Selain dibekali peningkatan pada dapur pacunya jika dibandingkan dengan seri pendahulunya, Samsung Galaxy A5 (2017) juga memiliki fitur kamera yang lebih mantap. Henpon ini dibekali dengan kamera belakang dan depan sama-sama 16 MP. Samsung menyertai kamera belakangnya dengan fitur OIS, LED Flash, f/1.9, 27mm, dan autofocus yang mampu mengabadikan tiap momen Anda dengan kualitas yang jauh lebih tajam, detail, dan meminimalisir adanya noise pada gambar yang bergerak sekalipun.

Sementara itu untuk kamera depan, Samsung sayangnya tidak menyematkan fitur LED flash untuk memungkinkan Anda melakukan pengambilan foto selfie di kondisi remang cahaya.

Ada fitur unik di henpon ini, yang dinamakan Folder Aman. Fitur ini berguna untuk melindungi data dan konten pribadi Anda dari pengintip atau pengguna henpone Anda. Di Folder Aman ini, Anda dapat mengamankan gambar, foto, memo probadi dan aplikasi pribadi, sehingga hanya Anda yang dapat mengaksesnya di perangkat Anda.

Setelah terhubung dengan internet, Anda masuk ke Samsung Account, lalu diminta memasukkan sejumlah kombinasi PIN atau semacam password untuk mengunci konten pribadi milik Anda tersebut.

Samsung cukup kreatif dan inovatif dalam memberikan berbagai fitur di perangkatnya. Jika Anda masuk ke Setting, Anda akan menemukan banyak opsi personalisasi di dalamnya. Seperti misalnya pengaturan pengamanan perangkat dengan menggunakan sidik jari, dan fitur Find My Phone.

Anda juga bisa mengatur aksesbilitas perangkat dengan melakukan berbagai pengaturan seperti membuka kunci layar dengan mengusap bagian atas layar, mengimpor dan mengekspor akses Anda dan membagikan dengan perangkat lain, hingga mengaktifkan modus 1 ketukan pada layar untuk mengatur alarm, pengingat waktu, dan menjawab panggilan masuk dengan satu ketukan. Dan beragam modus settingan lain hingga pengaturan penggunaan layar sentuh dengan menggunakan satu tangan.

Samsung menyisipkan berbagai pintasan ke berbagai aplikasi default Samsung, seperti mySamsung yang berguna untuk pengelolaan perangkat Samsung Anda , mengontrol IoT (Internet of Things) dan berbagai pengaturan dari henpon Samsung Anda dan konektivitas ke perangkat lain.

Sementara itu, Galaxy Gift Indonesia memberikan secara rutin untuk memberikan promo yang menarik ke pengguna dan berbagai potongan harga , voucher, dan promosi menarik dari berbagai merchant yang bekerja sama dengan Samsung, seperti misalnya voucher dari Zalora, Zara, diskon besar dari Montblanc, hingga promo menarik dari produk F&B (food & beverage).

Manfaatkan fitur Samsung Note untuk membuat berbagai jurnal, atau catatan, yang dilampirkan berbagai lampiran foto, ditambahkan judul, di-cropping, ditambahkan teks di foto (baik dengan ketikan atau handwriting). Fontasinya pun bisa dipersonalisasikan mulai dari menggunakan garis bawah, miring, tebal, hingga huruf kapital.

Hasil catatan yang beserta lampiran foto tersebut bisa langsung Anda simpan dalam Folder Album atau langsung Anda bagikan ke teman atau jejaring sosial. Ini sangat membantu Anda yang hobi travelling dan membuat jurnal perjalanan. Karena tiap melakukan perjalanan, Anda bisa melampirkan foto yang menguatkan catatan Anda. Misalnya foto tiket trem saat di London, tiket masuk di Big Ben, perjalanan di berbagai tempat yang Anda abadikan di jurnal Samsung Note.

Untuk mendukung operasional perangkat secara keseluruhan, Galaxy A5 (2017) dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar yakni 3.000 mAh. Samsung membekali baterai smartphone ini dengan fitur fast charging yang dapat membuat proses pengisian ulang daya baterainya menjadi lebih cepat.

KESIMPULAN

Tercipta sebagai henpon kelas menengah, Samsung Galaxy A5 (2017) dibanderol dengan harga resmi di Indonesia yakni Rp.4,9 jutaan. Harganya memang cukup mahal, namun cukup sepadan dengan berbagai fitur, desain premium, performa, spesifikasi yang ditawarkan oleh henpon ini. Terlebih, Samsung Galaxy A5 (2017) mendapatkan berbagai peningkatan fitur dan spesifikasi hardware ketimbang pendahulunya. Terutama dari sektor fotografi, spesifikasi RAM , processor dan dibekalinya ketahanan air dan debu berkat sertifikasi IP68.

SPESIFIKASI

Jaringan : GSM/ HSPA/ LTE (Dual SIM – Nano SIM dan MicroSIM)
Dimensi : 146.1 x 71.4 x 7.9 mm
Berat : 157 gram
Layar : Super AMOLED capacitive touchscreen 5,2 inchi (1080 x 1920 piksel) , 16M colors, ~424 ppi
Memori : memori internal 32 GB ,RAM 3GB, support MicroSD up to 256GB
Processor : Octa Core Exynos 7880 Octa clock speed 1,9 GHz Cortex –A53
GPU : Mali-T830MP3
OS : OS Android v6.0.1 Marshmallow
Kamera : Kamera depan 16MP; Kamera belakang 16MP
Baterai : Non- removable Battery Lithium Ion 3.000 mAh
Warna : Black Sky, Gold Sand, Blue Mist, Peach Cloud
Harga : Rp. 4,9 jutaan;
Fitur : Active noise cancellation with dedicated mic, MP4/WMV/ H.265 player, MP3/WAV/eAAC+/FLAC player, ANT+ support, Fast battery charging, Photo/video editor, Document viewer, Alert types Vibration, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, WiFi hotspot, Bluetooth v4.2 ,GPS, GLONASS, BDS, Audio Recording, FM Radio and FM Radio Recording , microUSB v2.0, accelerometer, SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM,Browser , Browser HTML 5.(YOKE)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close