News

CBN Ultah ke-21, Gelar OpenIXP Gathering 2017

CBN Ultah ke-21, Gelar OpenIXP Gathering 2017 (1)Indonesia Data Center (IDC Indonesia) dan CBN menyelenggarakan ajang pertemuan System Administrator (SysAdmin) terbesar bertajuk OpenIXP Gathering 2017. Bertempat di Jakarta (13/1), tak kurang dari 1.500 orang SysAdmin dari seluruh Indonesia berkumpul di Empirica Event Space, SCBD – Jakarta untuk saling bersilaturahmi dan bertukar informasi secara langsung.

Menurut Johar Alam Rangkuti (Komisaris PT IDC Indonesia / Head of OPENIXP Admin) penyelenggaraan OpenIXP Gathering ini sangat bermanfaat sebagai wadah informasi dan silaturahmi dari ratusan (saat ini tercatat ada 735 Autonomous System Numbers – ASN) yang terdaftar dalam exchange routing Indonesia, berasal dari beragam industri, mulai dari Internet Service Provider, pemerintahan, NAP, pendidikan, operator telekomunikasi, bisnis, dan lain sebagainya.

Masing-masing ASN tersebut digawangi oleh SysAdmin utama dan tim yang menjaga kestabilan traffic internet di Indonesia selama 24 jam per hari, 7 hari per minggu dan 365 hari per tahun. Para SysAdmin ini saling bahu-membahu menjaga dan bertukar informasi traffic setiap harinya untuk di dunia maya, seperti mailing list ataupun group social messanger. Dan wadah ini sangat penting untuk menjaga hubungan baik antar SysAdmin. Apalagi mengingat Indonesia adalah salah satu negara dengan pasar pengguna internet sangat besar.

Survei APJII di tahun 2016 mencatat bahwa 132,7 juta penduduk Indonesia telah terhubung ke internet, dan angka ini mengalami kenaikan 51,8 pers% dibandingkan pada tahun 2014 lalu. Sedangkan data traffic internet nasional Indonesia saat ini adalah sebesar 165562,75Mbps.

Dengan lajunya perkembangan penggunaan internet ini menjadi hal yang menggembirakan sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi CBN. Dan dengan penyelenggaraan gathering ini sekaligus apresiasi positif CBN untuk SysAdmin pada HUT CBN ke-21 tahun yang jatuh pada tanggal 8 Januari 2017 lalu. (YOKE)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close