Kilas HenponNews

Samsung Z2 Menyasar segmen kelas low-entry, dengan OS Tizen dan Koneksi 4G

samsung-z2-tizenSamsung mengeluarkan henpon berbasis OS Tizen. Salah satu henpon terkini yang menjalankan sistem operasi Tizen OS adalah Samsung Z2. Kehadiran Samsung Z2, seyogyanya adalah generasi penerus dari Samsung Z1 yang diperkenalkan oleh Samsung pada Januari 2015 lalu.

Menyasar segmen kelas low-entry, Samsung Z2 dilengkapi dengan berbagai fitur, spesifikasi hardware  dan koneksi 4G/LTE yang siap memikat hari pasar. Bagaimana tidak? Cukup merogoh kocek Rp. 900 ribuan, Anda sudah bisa memiliki henpon  4G keren berbasis OS Tizen! Penasaran seperti apa fitur dan performa Samsung  Z2? Kami mengupasnya untuk Anda.

DESAIN,  LAYAR + UI

Samsung Z2 memiliki dimensi 121.5 x 63 x 10.8 mm dengan bobot 127 gram, dan menjadikannya sebagai henpon  yang tergolong “nge-pas” di genggaman, dan ringan. Samsung memilih bahan plastik solid sebagai material pembungkus bodi Samsung Z2, yang tentu berpengaruh pada bobotnya yang cukup ringan.

Henpon ini didesain dengan elegan dengan memadukan aksentuasi logam di bagian sekeliling bodinya. Di bagian casing belakangnya, Samsung Z2 memiliki desain  berkontur micro-square yang sangat unik, dan dapat menambah kenyamanan dan tidak licin meski digenggam oleh tangan yang berkeringat sekalipun. Di boks pembelian, Samsung juga memberikan ekstra casing bermotif “Batik Megamendung” yang sangat unik.

samsung-z2-tizen-jpg-tampak-belakangsamsung-z2-tizen-dual-simcard-bisa-smartfren-jugaSementara itu, pada bagian depannya Samsung Z2 menerapkan konsep bezel dan masih menghadirkan tombol Home konvensional yang ditempatkan di bawah layar. Tombol Home diapit oleh sensitive key menuju Back dan Apps Wizard. Di sisi kiri bodi, terdapat tombol volume (+/-) dan pada sisi kanan bodi terdapat  tombol Power.

Port  MicroUSB terletak di sisi bawah henpon, dan port 3,5mm audio ditempatkan di atas bodi. Samsung Z2 menerapkan konsep baterai removable, yang dimana Anda bisa bongkar pasang baterainya. Di bagian belakang, Anda akan menemukan lubang speaker yang didesain minimalis (double stripes hole), lubang kamera dan LED Flash. Dan di tengah serta bawah casing terdapat logo Samsung -4G.

Penempatan slot kartu MicroSD yang tidak memerlukan bongkar pasang baterai. Berbeda dengan slot SIM 1 dan SIM 2 yang “ngumpet” dibawah baterai, sehingga Anda wajib bongkar pasang baterai untuk memasang SIM.

Tergolong sebagai henpon yang simple, Samsung Z2 dibekali dengan layar TFT capacitive touchscreen  berukuran 4 inci (480×800 piksel) dengan tingkat kerapatan layar ~233 ppi pixel density. Terkait dengan pengaturan layar Samsung Z2, tidak banyak yang diberikan oleh Samsung. Hanya ada pengaturan kecerahan layar, fontasi, modus outdoor, yang kesemuanya dipersonalisasikan secara manual. Modus outdoor memungkinkan layar Samsung Z2 untuk  tetap menyala selama 15 menit  dengan tingkat kecerahan yang konstan. Ada juga pintasan-pintasan yang bisa Anda kelola.

essential-appsmenu-1Anda akan langsung menemukan sensasi OS Tizen saat pertama kali mengaktifkan henpon ini. Homescreen  di Samsung Z2 menampilkan antarmuka (UI) khas OS Tizen yang simple, dengan apps drawer yang mirip dengan Touchwiz UI milik Samsung. Interface OS Tizen sederhana, aplikasi default  yang terinstall di Samsung Z2 dapat Anda temukan dengan mengusap layar tengah ke atas untuk menarik  apps drawer.

Di bagian atas, terdapat Notification Tray yang berisi berbagai macam  bar kustomisasi berisi indikator batere, koneksi WiFi, Bluetooth,  warna, huruf, dan lainnya. Dengan sifatnya yang simple dan sederhana, menjadikan ekosistem OS Tizen ini masih terbilan  “agak sepi” dan belum semeriah OS Android. Namun jangan khawatir, Anda masih dapat memperkaya aplikasi  di Samsung Z2 dengan   mendownload banyak aplikasi game, feature, aplikasi produktivitas, aplikasi sosial, dan lainnya dari Tizen Store.

Dan asyiknya lagi, meskipun henpon ini bukan tergolong seri “Galaxy”, namun Samsung tetap menghadirkan aplikasi Samsung Gift fan  Samsung Theme di henpon ini.(YOKE)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close