Kilas HenponNews

Inilah Berbagai Fitur menarik dan kinerja dari Samsung Z2, Cukup Oke dikelasnya

samsung-z2-3Quick Access di Homescreen di Samsung Z2, memungkinkan Anda mengelola berbagai pintasan aplikasi yang sering Anda kunjungi. Misalnya Facebook, LinkedIn, Twitter, dan sebagainya. Sedangkan Essential Apps yang disediakan oleh Samsung di henpon ini  meliputi aplikasi populer  yang telah default di henpon ini tanpa perlu Anda repot-repot menginstall.

tizen-community-1 tizen-community-2 smart-tutorSelain itu, terdapat pintasan ke aplikasi Tizen Community, yang membantu Anda untuk melaporkan berbagai keluhan, bug, atau bahkan berbagi ide dengan Samsung-Tizen terkait dengan pengembangan henpon berbasis OS Tizen. Untuk tergabung dengan Tizen Community ini, Anda perlu login dengan menggunakan akun Samsung  Tizen ataupun akun Google Anda.

Untuk kinerjanya, henpon berbasis OS Tizen v2.4 ini mengandalkan processor quad core  Spreadtrum SC9830 dengan clock speed 1,5GHz (Cortex –A7). Dipadu dengan kinerja kelola grafis GPU Mali-400MP2, ROM 8GB, RAM 1GB, dan mendukung penyimpanan memori eksternal melalui MicroSD hingga 128GB.

Jika koleksi film dan video Anda banyak, dan belum puas dengan kapasitas penyimpanan di MicroSD, ternyata Samsung Z2 support dengan koneksi USB-OTG. Anda bisa menghubungkan flashdisk  ke henpon ini dengan bantuan kabel USB-OTG. Sayangnya, meski mendukung koneksi USB-OTG, namun di paket pembelian tidak disertakan kabel USB-OTG.

samsung-otgDan saat Anda mencari file-file yang tersimpan di flashdisk yang terhubung ke henpon, ternyata file-file itu tidak langsung synchronize dengan berbagai menu di henpon. Misalnya, Anda ingin membuka file film Anda  yang tersimpan di flashdisk yang terhubung ke USB-OTG. Anda tidak bisa langsung membukanya melalui menu Video, melainkan harus mencarinya di File Manager.

Selain itu, henpon ini dilengkapi dengan Smart Manager yang berguna untuk memudahkan Anda dalam pengelolaan  memori RAM dan internal storage. Untuk menopang kinerja keseluruhan, Samsung Z2 dipersenjatai dengan baterai berkapasitas daya 1.500 mAh. Memang tergolong agak kecil, namun dengan fitur Ultra Power Saving Mode dapat menyiasati penghematan daya baterai.

samsung-z2-tizen-jpg-tampak-belakangSamsung Z2 dibekali dengan kamera depan beresolusi VGA (640×480 piksel). Sementara itu, kamera utama di henpon ini memiliki resolusi 5MP (2592×1944 piksel)  yang dilengkapi dengan LED Flash, fitur Find Face, HDR, Timer, Effect, dan berbagai modus kamera. Seperti Auto, Pro, Night, beauty Face, Panorama, Picture Collage, Continous Shot dan Fast Motion.

Hasil foto yang dihasilkan oleh kamea Samsung Z2 terasa “biasa-biasa saja”.. Semua hasil foto akan tersimpan di Gallery, dan henpon ini menyediakan akses Simple Sharing foto ke jejaring sosial, email, maupun ke perangkat lain menggunakan transfer file via Bluetooth, dan WiFi Direct.

pop-up-video-3Ada satu fitur yang cukup menarik di Samsung Z2, yakni pop up video play.  Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan multitasking nonton video di layar henpon sembari Anda melakukan browsing atau buka aplikasi lainnya. Layar pop up video play dimulai ketika Anda memutar file video> klik opsi Pop Up di sudut kanan bawah layar> ok. Maka layar yang menampilkan video akan mengecil dan bisa Anda geser kemanapun di seluruh bidang layar henpon. Selagi Anda menjalankan video ini pun, Anda bisa tetap membuka aplikasi sebelumnya. Asyik kan?

Fitur lainnya adalah S-Bike Mode. Fitur ini amat berguna bagi pengendara motor yang dapat  berkendara secara aman. Fitur ini  saat diaktifkan akan mencegah penggunanya untuk memakai henpon saat sedang berkendara. Selain S-Bike Mode, ada juga fitur yang sangat membantu Anda saat mati lampu yakni Flashlight alias senter!  Meski sederhana, namun fitur ini amat penting, dan tidak semua henpon memiliki fitur ini default lho.

Selain itu, Samsung juga menyadari bahwa OS Tizen yang masih tergolong baru di pasaran. Sehingga mungkin tidak sedikit pengguna henpon berbasis OS Tizen yang membutuhkan bimbingan dan bantuan untuk menggunakan perangkat berbasis OS Tizen ini. Di sinilah Samsung menghadirkan fitur Smart Tutor dan fitur Hints. Di kedua fitur ini, Anda bisa menemukan berbagai petunjuk, cara untuk mengatasi masalah di Samsung Z2,  fungsi di tiap fitur, hingga akses bagi Anda untuk bertanya langsung ke Samsung Call Center.

Dan fitur yang paling asyik adalah koneksi 4G-nya. Henpon ini bekerja di jaringan GSM/HSPA/LTE dengan  koneksi 4G/LTE  dengan kecepatan HSPA LTE Cat4 150/50 Mbps. Sangat mumpuni untuk mengakomodasi internet cepat. Terlebih, Samsung menyisipkan fitur Ultra Data Saving  untuk membantu Anda dalam mengelola penggunaan kuota data internet agar lebih hemat.  Di paket penjualannya, henpon ini  kerjasama dengan Smartfren  dan dibekali dengan paket data internet 1GB free dan 100 menit nelpon ke sesama Smartfren.(YOKE)

SPESIFIKASI

Jaringan               : GSM/ HSPA/ LTE (Dual SIM – MicroSIM- Dual Standby)

Dimensi                : 121,5 x 63 x 10,8mm

Berat                     : 127 gram

Layar                     : TFT LCD capacitive touchscreen 4,0 inchi (800x400piksel) , 256K colors, ~233 ppi

Memori                 : memori internal 8GB ,RAM 1GB, support MicroSD up to 256GB

Processor            : Quad Core Spreadtrum SC9830 clock speed 1,5 GHz Cortex -A7

GPU                       : Mali-400MP2

OS                          : OS Tizen v2.4

Kamera                 : Kamera depan VGA; Kamera belakang  5MP

Baterai                  : Removable Battery Lithium Ion  1.500 mAh

Fitur                       : Active noise cancellation with dedicated mic, MP4/H.264 player, MP3/WAV/eAAC+/FLAC player, Photo/video viewer, Document viewer, Alert types Vibration, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, WiFi hotspot, Bluetooth v4.1 ,GPS with A-GPS, GLONASS,  Audio Recording, FM Radio and FM Radio Recording , microUSB v2.0, accelerometer, SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM,Browser , Browser HTML.

Harga                    : Rp. 899.000;

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close