Kilas HenponNews

Acer Liquid Z330 Bodi apik, Fitur terbaik

Acer Liquid Z330 foto simcard 2 okBagus tidaknya henpon tidak selalu berpatokan pada spesifikasi yang dijalankan di dalamnya, namun parameter kenyamanan  pengguna juga menjadi salah satu tolok ukur yang sangat penting. Apalagi jika Anda mendambakan sebuah perangkat yang mungil, berfitur lengkap, koneksi cepat dan harganya gak bikin tekor.

Acer punya jawabannya, yakni  Acer Liquid Z330. Henpon ini tampil dengan desain mungil, namun dibekali dengan spesifikasi yang tak bisa dianggap remeh. Jangan Tulalit mengupasnya untuk Anda!

DESAIN

Faktor desain adalah salah satu hal yang menjadi daya tarik Acer Liquid Z330. Memiliki dimensi 136 x 66.5 x 9.6 mm dan bobot hanya 142 gram, Acer Liquid Z330 tampil kompak, mungil, dan pas dalam genggaman. Keempat sudut bodinya membulat, dan terdapat frame metal di sekeliling bodinya yang memberi kesan apik dan elegan memberikan kenyamanan pengguna.

Casingnya berbahan plastik solid dan memiliki kontur garis-garis halus vertical. Acer Liquid Z330 menerapkan konsep tombol virtual di bawah layar, menuju tombol Menu, Back dan Setting Wizard. Untuk personalisasi Wallpaper, theme dan widget, dengan mudah dapat Anda lakukan dengan menekan layar 2 detik.

Di atas layar, terdapat kamera depan. Acer Liquid Z330 masih mempertahankan kehadiran beberapa tombol fisik di antaranya tombol volume (+/-) sisi henpon dan tombol daya/on di bagian atas. Selain itu terdapat port MicroUSB di bagian bawah henpon dan port audio 3,5mm di bagian atas.

Untuk sektor display, Acer Liquid Z330 dibekali dengan layar IPS LCD Capacitive Touchscreen berukuran 4.5 inci dengan resolusi 480 x 854 pixels dengan tingkat kerapatan 218 ppi. Sayangnya, seperti seri sebelumnya, Acer Liquid Z330 belum dibekali dengan lapisan atau bahan perlindungan layar dari resiko gores dan debu, misalnya Gorilla Glass atau sertifikasi anti debu atau gores.

FITUR

Kid Center Acer Liquid Z330 (2)AcerID Acer Liquid Z330 (1)Kelengkapan fitur tentu menjadi daya tarik dari henpon ini. Salah satunya adalah kamera. Banyak hal keren yang bakal temukan di kamera di Acer Liquid Z330. Henpon ini dibekali dengan dual kamera, kamera utama dan kamera depan sama-sama  memiliki resolusi 5MP (2592x1944piksel).

Ada beberapa settingan kamera yang disematkan di dalamnya seperti  Modus Normal, HDR, Bright Magic, Picture With Sound dan Presentation.  Uniknya, dengan fitur Picture With Sound Anda bisa mengabadikan sebuah foto yang dibubuhi dengan ilustrasi suara pendukung, misalnya suara Anda, musik pengiring, narasi, lagu dan sebagainya. Namun sayangnya fitur ini tidak support pada kamera depan.

Selain itu Anda perlu mencoba aplikasi kamera Acer Snapshot. Di fitur ini, Anda bebas mengedit, memotong (cropping), rotate, dan menambahkan beberapa efek pada foto. Misalnya saat Anda menjepret 2 buah objek, yang yang butuhkan hanya 1. Gunakan opsi Smart Editor untuk “memotong” bagian yang tidak dibutuhkan.

Kamera pada Acer Liquid Z330  dilengkapi dengan LED Flash yang membantu Anda saat menjepret objek di lokasi minim cahaya. Fungsi kamera juga bisa dialihkan untuk merekam video dengan kualitas yang cukup baik.

AUDIO + FITUR

Menariknya, ada fitur DTS sound yang dapat meningkatkan kualitas audio di henpon ini. Teknologi DTS Sound ini belum disematkan  pada seri pendahulunya yakni Acer Liquid Z320. Terbukti, dengan hadirnya teknologi ini di Acer Liquid Z330 maka tidak heran jika kualitas output audionya sangat jernih dan tidak pecah saat volume diposisikan maksimal.

Henpon ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah itur Kids Center. Fitur ini sengaja dihadirkan Acer agar  adik, anak atau keponakan Anda yang masih kecil bisa ikut merasakan pengalaman seru saat menggunakan Acer Liquid Z330, namun dengan jaminan kenyamanan dan keamanan fitur yang layak digunakan oleh mereka. Fitur Kids Center memungkinkan mereka bisa menikmati  beragam konten khusus anak-anak setiap harinya, baik berupa video Youtube, game hingga aplikasi edukasi seperti misalnya aplikasi untuk belajar mewarnai dan menggambar , dan memilih wallpaper theme khusus anak-anak.

Fitur yang bikin henpon Acer Liquid Z330 mendukung  jaringan 4G/LTE. Untuk menunjang fungsi komunikasinya, Acer Liquid Z330  mengusung teknologi Dual SIM/ GSM ( Micro SIM –Micro SIM) yang bisa digunakan secara bersama-sama alias Dual stand by.

Sebagai alternative koneksi ke internet ,  Acer Liquid Z330 menyertakan WiFi 802.11 b/g/n untuk akses internet di titik hotspot Wi-Fi area dan didukung oleh tethering hotspot untuk berbagi koneksi internet ke perangkat lain. Selain itu untuk keperluan transfer data, henpon ini dibekali dengan fitur Bluetooth v4.0, dan port microUSB. Selain itu untuk navigasi, Acer Liquid Z330 dilengkapi dengan  fitur navigasi A-GPS.

KINERJA

NenaMark Acer Liquid Z330 (1)NenaMark Acer Liquid Z330 (2)Acer Liquid Z330 mengandalkan kinerja chipset processor quad core Qualcomm Snapdragon 210 (MSM8909) dengan clock speed 1,1 GHz. Meski bukan chipset processor kelas premium, tapi penggunaan chip processor ini  dinilai cukup memadai  dalam meningkatkan performa Acer Liquid Z330. Selain menggunakan chip processor Snapdragon 210, henpon ini dibekali dengan  RAM 1GB, memori internal 8GB dan support penyimpanan memori eksternal melalui hadirnya slot microSD. Untuk pengolahan grafisnya, Acer Liquid Z330 mempercayakan pada GPU Andreno 304. Dan untuk menunjang kinerja sistem secara keseluruhan pada spesifikasi henpon ini, Acer membekalinya dengan sistem operasi OS Android Lollipop v5.1. Lalu bagaimana dengan performa Acer Liquid Z330?

Untuk mengukur performa henpon ini, Jangan Tulalit menggunakan beberapa aplikasi benchmarking seperti NenaMark2 v2.4, Quadrand Standard v2.1.1 dan Antutu Benchmark v6.0.1. Pada pengukuran performa olah grafis GPU dengan NenaMark2, henpon ini memperoleh 57,3fps (frame per second), menempatkannya di posisi pertama dibandingkan denganSamsung Galaxy SII, Asus Eee Pad Transformer, LG Optimus 2X dan Samsung Galaxy Tab 18.1.

Sementara itu pada pengujian dengan Antutu, henpon ini memperoleh skor 19723, menempatkannya di bawah Lenovo K3 Note (skor:46301) dan Vivo X5 Pro (skor: 46008). Sedangkan saat diuji menggunakan Quadrand Standard, Acer Liquid Z330 menempati posisi jawara dengan mengungguli HTC One X, Motorola Atrix, dan Asus Transformer Prime TF-201.

Tidak heran, dengan hasil benchmarking yang tinggi, Acer Liquid Z330 sanggup menjalankan berbagai aplikasi game dengan kualitas grafis “berat” seperti Zombie Road Kill 3D, Need for Speed dan Real Footbal 2015, tanpa lag dan stabil. Paduan kinerja CPU dan sistem di henpon ini menjadikan performa Acer Liquid Z330 stabil dan mantap.

KESIMPULAN

Bagi yang memiliki dana yang tak terlalu besar, henpon ini begitu bersahabat dengan isi kantong. Dengan penggunanan untuk bersosial media, chating dan foto foto di social media cukup memberikan kepuasan yang tak mengecewakan.

Apalagi dengan banderol  harga Rp. 1.199.000;  Acer Liquid Z330 merupakan referensi yang sangat tepat bagi Anda yang mendambakan henpon 4G dengan fitur lengkap, koneksi mantap, desain mungil dan banderol yang gak menguras kantong.

SPESIFIKASI

Jaringan          :  4G (LTE: 800/1800/2100/2600MHz); 3G (HSPA/WCDMA: 900/1900/2100MHz)

GSM/GPRS/EDGE ( 850/900/1800/1900MHz) Dual SIM/ MicroSIM/ dual standby

Dimensi           : 136 x 66,5 x 9.6 mm

Berat               : 142 gram

Layar               : IPS LCD capacitive touchscreen 4,5 inchi (854×480 piksel), 16M colors, ~218 ppi, multi touch, 16M colors

Memori          : memori internal 8GB ,RAM 1GB, support eksternal memori by  MicroSD

Processor      : Qualcomm Snapdragon 210 (MSM8909), GPU Adreno 304

OS                    : OS Android v5.1 Lollipop

Kamera           : Kamera depan 5MP; Kamera belakang  5MP

Baterai             : Removable Battery Lithium Ion 2.000mAh

Fitur                  : MP4/H.264/WMV player, MP3/WAV/eAAC+/FLAC player, Photo/video editor, Document viewer, Alert types Vibration,

DTS Audio Sound, FM Radio, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth v4.0,  GPS with A-GPS, NFC,

Recording, microUSB v2.0, accelerometer, proximity, SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM,Browser , Browser

HTML, Photo/video Editor, document viewers, Kids Center, Flash Light, Acer Snapshot.  (YOKE)

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close