Kilas HenponNews

Lenovo Vibe K4 Note  Henpon Gahar, Asyik Buat Nge-VR

Lenovo Vibe K4 Note for web JT 9Tahun 2016 boleh jadi menjadi momentum yang tepat bagi vendor henpon untuk menggarap trend  teknologi Virtual Reality (VR). Selain spesifikasi dan parameter fitur yang diemban,  teknologi visual layar dianggap sebagai salah satu daya tarik henpon untuk dapat diterima dengan baik oleh pasar global.

Hal inilah yang kemudian dicermati oleh Lenovo melalui henpon andalannya yakni Lenovo Vibe K4 Note. Di henpon ini, kamu bisa memperoleh pengalaman menyenangkan  dan seru melalui smartphone berspesifikasi gahar dan asik buat Nge VR. Penasaran? Yuk kita ngulik untuk tahu lebih dalam.

Lenovo Vibe K4 Note memiliki konsep desain premium, dengan  dimensi 153.6 x 76.5 x 9.2 mm,dan bobot 158 g. Meski terbilang  “bongsor”, namun Lenovo mempertahankan sisi kenyamanan pengguna dengan menerapkan konsep back casing melengkung, sehingga berdesain ergonomis dan nyaman dalam genggaman tangan. Bahan plastik solid yang di-coating dengan bahan matte, menjadikan henpon ini anti slip dan tidak licin saat digenggam.

Lenovo Vibe K4 Note masih mempertahankan kehadiran tombol fisik di antaranya adalah tombol volume (+/-) dan tombol daya/on yang ditempatkan di sisi henpon. Sedangkan port audio 3,5mm berada di atas bodi henpon, dan port MicroUSB ditempatkan di bagian bawah.

Lenovo Vibe K4 Note for web JT 1Pada bagian belakang kamu  akan menemukan sensor sidik jari yang ditempatkan tepat di bawah lubang kamera. Fitur scanner sidik jari ini sebenarnya adalah tergolong teknologi baru di henpon, sama seperti support VR. Di Lenovo Vibe K4 Note, pemindai sidik jari digunakan untuk  autentifikasi membuka kunci henpon (unlocked),

Henpon ini dibekali layar IPS LCD capacitive touchscreen berukuran  5,5 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 pixels, dengan spektrum warna 16M colors dan tingkat kerapatan  ~401 ppi pixel density. Tingkat kerapatan tergolong tinggi,  sehingga  tampilan visualnya tajam, dan detail. Tak hanya itu, Lenovo Vibe K4 Note dilapisi dengan  Corning Gorilla Glass 3 yang dapat meminimalisir goresan benda tajam.

Selain diamankan oleh Pattern , PIN dan  Password, ada juga scanner sidik jari. Temang kecil, hanya sekitar 1,1×1,1 cm namun scanner ini bisa memindai sidik jari Anda secara penuh. Caranya adalah dengan berkali-kali menempelkan jari Anda ke bidang scanner, lalu scanner akan melengkapi ruas-ruas sidik jari hingga lengkap dan sempurna.  Proses autentifikasi –nya sangat mudah, namun pastikan jari Anda tidak basah , berkeringat atau berminyak.  Jika proses input sidik jari kelar, Anda dapat membuka (unlocked)  henpon ini hanya dengan menempelkan sidik jari Anda ke bidang scanner. Anda pun bisa menambahkan sidik jari kedua jika henpon ini digunakan oleh orang lain atau sekedar jaga-jaga untuk input sidik jari tambahan.

And now, lets talk about VR.  Pada paket pembelian Lenovo Vibe K4 Note, disertakan pula sebuah perangkat VR yang dinamakan AntVR. Kehadiran perangkat VR di handset Lenovo ini  menjadi momentum besar bagi Lenovo.

Vibe K4 Note diklaim sebagai smartphone pertama di dunia dengan kemampuan TheaterMax. TheaterMax merupakan teknologi VR (Virtual Reality) besutan Lenovo yang memungkinkan pengguna untuk menikmati berbagai konten multimedia apapun menjadi konten VR. Nah, agar konten VR dapat maksimal Anda nikmati, di sinilah dibutuhkan perangkat VR  yakni  AntVR.

VR 1 okAntVR memiliki desain yang ringan, terbuka pada bagian depannya yang menyerupai “kelopak” yang dipasangi semacam per.  Terdapat celah pada sisi kiri dan kanan sehingga pengguna masih bisa melihat keluar meski sedang menggunakan headset ini. Pada bagian depannya, saat kedua kelopak atas –bawah dibuka, Anda dapat meletakkan henpon Lenovo Vibe 4K Note di tengah-tengahnya, pastikan bahwa Anda menempatkannya pada semacam ceruk kecil di bagian bawah.

Ceruk ini selain membantu menempatkan henpon,  juga memastikan  bahwa henpon tetap stabil  di posisinya, dan tidak goyang meski penggunanya menggerakkan kepala atau tangan sekalipun.

AntVR dibuat dari bahan plastik solid yang menjadikan perangkat ini cukup ringan yakni 159 gram. Pada bagian lekukan untuk hidung pun dibuat senyaman mungkin, begitupun dengan band strapler yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala pengguna. AntVR memiliki dimensi 16 x 6.1 x 10.4 cm, dan tersedia dalam pilihan warna Hitam.

Sedangkan fitur  VR Theater Max secara khusus terpasang pada UI.Saat mode ini diaktifkan, secara langsung layar akan terbagi menjadi dua dan anda bisa langsung menggunakanya pada perangkat AntVR. Sebagai alternative, Anda juga dapat memainkan game-game VR 360 derajat dan video VR  yang tersedia di toko aplikasi seperi misalnya aplikasi Cardboard. Atau bahkan menikmati ratusan videoVR langsung dari YouTube.

Maksimalkan pengalaman VR Anda dengan kualitas output audio dari teknologi Dolby Atmos yang ditanamkan di henpon ini, dengan earhone yang ditancapkan ke port audio 3,5mm. Kami menjajal pengalaman VR di AntVR untuk menikmati video di YouTube tentang berburu, snowboarding, rollercoaster hingga bermain game horror. Secara garis besar,  kami menemukan pengalaman yang sangat menyenangkan saat menggunakan AntVR.

Namun ada sedikit hal yang mengganggu, yakni celah-celah yang terdapat di bagian kiri dan kanan AntVR yang masih memungkinkan fokus mata pengguna jadi terganggu dengan lingkungan sekitar.

Lenovo Vibe K4 Note for web JT 5Bagi  Anda yang hobi fotografi, henpon ini dilengkapi dengan dual kamera , kamera  utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Untuk mendukung hasil foto yang maksimal, kamera di Vibe K4 Note dilengkapi dengan  berbagai fitur fotografi, seperti Autofocus, dual LED Flash, dan apperture f/2.2. Dengan adanya fitur tersebut, maka Anda dapat memperoleh hasil kamera yang berkualitas, meski di lokasi minim cahaya.

Tak hanya itu, kamera di Lenovo Vibe K4 Note juga dibekali dengan fitur olah fotografi modern seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR. Kamera utama juga bisa dimanfaatkan sebagai media perekam video dengan kualitas resolusi 1080@30 fps. Sedangkan kamera depannya bisa digunakan untuk berfoto selfie dan mengakomodasi video call. Lalu bagaimana dengan hasil fotonya?

Perihal konektivitas antar perangkat, Lenovo Vibe K4 Note dilengkapi dengan slot dual SIM (Micro SIM, Dual Stand by),yang bekerja pada jaringan GSM/HSPA/LTE.  Di jalur koneksi 4G/LTE Anda bisa memanfaatkan  koneksi internet cepat.  Selain itu,  henpon ini juga dilengkapi dengan beragam fitur koneksi nirkabel , mulai dari fitur WiFi, hotspot, NFC, hingga Bluetooth v4.2. Sementara itu untuk koneksi navigasi, Lenovo Vibe K4 Note  dibekali dengan perangkat barunya ini dengan teknologi navigasi A-GPS. Selain itu untuk memudahkan transfer data ke PC atau antar perangkat, Lenovo Vibe K4 Note juga dibekali dengan  koneksi melalui port MicroUSB v2.0.

Untuk jaminan performa yang mumpuni, Lenovo Vibe K4 Note dilengkapi dengan komponen hardware yang memadai. Henpon ini mengandalkan chipset octa core MediaTek MT6753 dan Cortex A-53 dengan clock speed 1,3 GHz. Kombinasi dua hardware pada dapur pacu henpon ini menghasilkan performa olah data yang maksimal.

Lenovo Vibe K4 Note for web JT 4Selain itu, untuk mendukung kinerja operasionalnya, henpon ini dibekali dengan 2 pilihan RAM dan memori internal yakni Opsi 1:  3GB RAM/ memori internal 16GB  dan Opsi 2:  2GB RAM/ memori internal 8/16/32GB. Jika Anda masih membutuhkan ruang penyimpanan memori tambahan, maka dapat memanfaatkan penyimpanan memori eksternal dengan hadirnya slot MicroSD up to 128GB.

Di sisi olah grafis, henpon ini mempercayakan GPU jenis Mali-T720MP3. Penggunaan GPU ini sangat membantu proses olah grafis dalam menyajikan berbagai aplikasi dan game bermuatan grafis berat. Kami menjajal untuk menjalankan game Elite Killer dan Gunship Strike 3D dan tampilannya grafisnya mulus, tidak lag atau putus-putus.

Guna mengetahui performa henpon ini, kami  menggunakan pengujian dengan Quadrand Standard v2.1.1, Antutu Benchmark v6.0.1 dan NenaMark 2.4. Untuk pengujian GPU dalam olah grafis di henpon ini, NenaMark 2 menunjukkan skor 58.5fps (frame per second). Maka tidak heran saat kami menjalankan game dan aplikasi  berbobot grafis berat, tetap mulus dan stabil.

Sementara itu, untuk mengukur performa henpon ini kami menggunakan Antutu dan Quadrand Standart. Dengan pengujian Antutu Bencahmark, Lenovo Vibe K4 Note berhasil mencapai skor 36933, menempatkannya di bawah posisi Meizu MX5 dan Zenfone 2. Sedangkan dengan pengujian Quadrand Standard, henpon ini berhasil mencapai skor 19093, jauh melampaui posisi Motorola Atrix 4G dan HTC One X. (Penulis : Yoke)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close