News

Moto 360 2nd Gen, Smartwatch Canggih dan Menawan

Moto 360 3Era smartwatch sudah datang. Kini, berbagai tipe dan jenis jam tangan pintar yang masuk kategori wearable device mulai membanjiri Indonesia. Adalah Moto 360 2nd Gen salah satu smartwatch yang turut menjajaki potensi pasar di negeri ini. Hmm, penasaran kan seperti apa sih kemampuan serta fitur dalam jam tangan pintar ini.

Desain

Jika melihat sekilas, smartwatch keluaran Motorola ini memiliki tampilan layaknya jam tangan biasa. Buat yang belum tahu, Moto 360 2nd Gen adalah jam tangan pintar generasi kedua dari Motorola. Secara desain masih mewarisi konsep yang sama berbentuk bulat tapi menawarkan lima varian berbeda dengan strap kulit, karet hingga logam.

Fitur

Pada bagian sisi bawah layarnya sang vendor menyelipkan ambient light sensor untuk mode auto brightness. Di sudut kanan atas, menyembul tombol yang menyuguhkan beberapa fungsi seperti back dan akses fitur tertentu. Layar sentuhnya yang membulat mengandalkan panel IPS LCD dengan diagonal 1,37 inci. Gambar jam dan konten di dalam antarmuka ini terlihat jernih dan bening, kerapatan pikselnya 263 ppi.

Oh ya, Moto 360 2nd Gen ini dirancang anti air karena punya sertifikasi IP67. Jadi tak perlu kuatir saat membawanya berenang atau bermain di air. Sampai kedalaman 1,5 meter, jam tangan ini tetap bisa bertahan. Tapi menurut saya sih jangan coba-coba membawanya menyelam apalagi dalam waktu lama.

Moto 360 2nd Gen ini mengandalkan sistem operasi Android Wear 5.1.1. Ada beberapa fitur menarik disisipkan seperti ‘wrist-flick navigation’ yang bisa menggeser halaman notifikasi dan card cukup dengan menggoyang pergelangan tangan. Terdapat juga ‘cinema mode’ untuk mencegah layar berpindah sendiri.

Moto 360 4Aplikasi Android Wear membantu kita mengontrol semua aktivitas dan fungsi jam melalui ponsel. Instal Android Wear, maka kita memantaui aktivitas di ponsel cukup dari jam tangan ini. Antarmukanya dilengkapi dengan watch face yang bisa dipilih sesuai selera. Oh ya, smartwatch ini punya fitur kesehatan dan penunjang kebugaran seperti hitungan langkah dan heart rate. Selain itu, sensor di bodi belakang Moto 360 2nd Gen bisa memantau denyut nadi.

Cara pengoperasian smartwatch ini mudah, kita harus mempelajari sapuan jari ke atas, bawah, kiri dan kanan. Misalnya menarik layar dari atas ke bawah  akan memunculkan notifikasi. Untuk membuka card atau konten kita bisa menyapukan layar dari bawah ke atas.

Aktivitas menggunakan perintah suara ‘OK Google’ cukup menarik. Perintahkan apa saja mulai dari navigasi ke lokasi tujuan, browsing berita, menanyakan cuaca semua bisa dilakukan jam tangan ini.

Tapi ingat, jam tangan harus tersambung ke internet. Koneksi bisa dijalin lewat Bluetooth di ponsel atau Wi-fi.

Moto 360 2Kinerja

Moto 360 2nd Gen mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang memiliki clockspeed 1.2GHz. Nyaris tak ada lag yang mengganggu aktivitas smartwatch ini. Sudah cukup bertenaga untuk mendukung Android Wear dengan RAM 512MB dan memori internal 4GB ini. Soal konektivitas, Moto 360 2nd Gen dibenami dengan Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi.

Buat mengecas smartwatch ini, kalian harus menempatkannya di dok khusus. Moto 360 2nd Gen sudah menerapkan konsep wireless charging. Pengecasan smartwatch ini cukup cepat, baterainya yang berkapasitas 300mAh bisa langsung penuh hanya dalam waktu sekitar 1,5 jam. Hanya saja, baterainya hanya mampu bertahan 1,5 harian buat aktivitas normal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close