News

Selama Hari Raya Lebaran Trafik Data Tri Melonjak 126%

Tri GSM

Operator GSM 3 (baca:Tri) sukses melayani Pelanggan selama Idul Fitri  2015. Perayaan hari raya umat muslim ini selalu disertai dengan peningkatan trafik di jaringan Tri.   Secara umum terjadi peningkatan trafik pada semua layanan Tri, khususnya lonjakan signifikan layanan data yang meningkat 126% dibandingkan Idul Fitri tahun lalu.  Namun demikan, Tri mampu melayani Pelanggan tanpa kendala yang berarti

Peningkatan trafik seluruh layanan telah terjadi sepanjang musim libur Idul Fitri ini. Trafik data mengalami lonjakan  22% dibandingkan trafik hari biasa atau 126% dibandingkan Lebaran tahun lalu. Meskipun banyak orang mulai menggunakan pesan OTT yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan signifikan trafik data, trafik SMS dan suara masih meningkat masing-masing sebesar 12% dan 3% dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan trafik perlahan menurun tepat di hari Lebaran. Berdasarkan pola trafik tahun lalu,  peningkatan trafik akan kembali terjadi pada beberapa hari kemudian.. Peningkatakan trafik terjadi di kota kota kunjungan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur  dan Sumatera.

Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Tri telah mempersiapkan seluruh infrastruktur dan kapasitas jaringan agar pelanggan Tri dapat dengan nyaman berkomunikasi, khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik dan wisata.

Untuk layanan data, Tri telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mampu menampung lonjakan trafik data hingga 30%. Sementara untuk layanan telepon dan SMS, jaringan Tri mampu menampung lonjakan trafik hingga 300%.

Untuk hari biasa diluar Ramadhan, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai lebih dari 1,200 TB (Terabyte) per hari. Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan dan jalur penghubung lainnya. Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak mudik, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api. Peningkatan kapasitas jaringan juga didukung oleh penambahan 20 mobile BTS disepanjang jalur mudik di pulau Jawa.

Tri telah memperluas cakupan jaringan secara nasional, yang diperkuat oleh 37.676 unit BTS terdiri atas 17.069 BTS 3G  dan 20.607 BTS 2G (per Q1 2015) yang telah LTE ready. Sinyal Tri telah melayani 86% penduduk Indonesia, dinikmati oleh 54.8 juta pelanggannya (per Q1 2015) yang 52% diantaranya adalah pelanggan data bergerak. Tri akan terus melanjutkan komitmennya untuk menghadirkan lebih banyak lagi inovasi dan terobosan bagi masyarakat Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button