News

Telkomsel Resmikan Layanan 4G LTE Secara Komersial di Makassar

Telkomsel 4G LTE  di Makassar 1

Telkomsel meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial di kota Makassar. Beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di Makassar akan meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati mobile broadband dan layanan digital lifestyle. Hal ini juga merupakan bentuk dukungan Telkomsel terhadap rencana pita lebar Indonesia yang dicanangkan oleh pemerintah melalui kementrian Kominfo, dan sebagai langkah nyata di dalam meningkatkan layanan mobile broadband di Indonesia Timur.

Peresmian layanan Telkomsel 4G LTE di Makassar dilakukan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo Kalamullah Ramli, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid, Direktur Planning & Transformation Edward Ying, dan Walilkota Makassar, Ramdhan Pomanto.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Pemilihan Kota Makassar sebagai kota pertama digelarnya layanan Tekomsel 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial, merupakan bentuk komitmen kuat kami di dalam membangun Indonesia Timur melalui teknologi terkini. Hadirnya layanan ini diharapkan dapat menambah kenyamanan pelanggan di Makassar, dalam menikmati mobile broadband dan berbagai layanan digital lifestyle.”

Ririek menjelaskan bahwa layanan Telkomsel 4G LTE yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara lebih cepat dan efisien diharapkan juga akan dapat mempercepat terwujudnya Generasi Digital Indonesia di bagian Timur Indonesia, khususnya di Makassar dan sekaligus mendukung ‘Makassar Sombere dan Smart City’ seperti yang dicanangkan pemerintah kota.

Telkomsel 4G LTE  di Makassar 2Salah satu wujud dari Makassar Sombere dan Smart City adalah layanan kesehatan online ‘Home Care’ yang akan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Layanan ini dilengkapi dengan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan seperti tabung oksigen, alat infus serta peralatan rekam medis untuk memantau kondisi pasien yang terhubung ke dokter ahli secara jarak jauh.

Dengan beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di kota Makassar, hal ini diharapkan akan dapat menunjang layanan ‘Home Care’ dimana dengan kecepatan data yang dimiliki oleh teknologi 4G LTE maka monitoring pasien secara jarak jauh dimungkinkan berjalan secara real time.

Makassar sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia Timur, saat ini pun terus mengalami pertumbuhan pesat pada layanan data, dimana hal ini dapat terlihat dari peningkatan konsumsi penggunaan layanan data selama semester I 2015, yakni sebesar 166% persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir kami melihat adanya tren peningkatan konsumsi data kebutuhan akan akses data yang lebih cepat di Makassar, dan untuk itu kami menjawabnya dengan layanan 4G LTE yang dapat diandalkan”, jelas Ririek.

Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan di Makassar di dalam menikmati jaringan 4G, Telkomsel membangun 150 eNode B yang mencakup lokasi-lokasi strategis termasuk Bandara, Universitas, Mall, Pantai Losari, dan Pusat keramaian lainnya. Saat ini secara nasional Telkomsel memiliki lebih dari 1000 BTS yang tersebar di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar dengan sekitar 700.000 pelanggan 4G.

Selain itu penyelenggaraan jaringan 4G Telkomsel juga diikuti dengan peningkatan kualitas jaringan layanan 3G melalui program TrueBEx (True Broadband Experience), dimana tujuannya adalah meningkatkan kualitas layanan mobile broadband ke pelanggan pada semua jaringan baik 4G maupun 3G. Selain itu Telkomsel juga dibantu dalam penyediaan jaringan WiFi Telkom (flashzone seamless) sehingga pelanggan juga memiliki semakin banyak pilihan jaringan  broadband, baik dari seluler maupun WiFi.

Selesainya pembangunan Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) oleh Telkom Indonesia selaku induk Telkomsel yang mencakup penggelaran Kabel Laut sepanjang 5.444 km dan Kabel Darat sepanjang 655 km juga diharapkan akan dapat memperkuat Telkomsel di dalam memberikan jaringan yang prima di kawasan Timur Indonesia dengan serat optik sebagai backbone.

Saat ini pelanggan di Makassar sudah dapat menukarkan simcard mereka dengan uSIM, ataupun mendapatkan kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO di pusat-pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) yang terletak di Grapari Makassar, Grapari Mitra Losari, Grapari Mitra Usman Jafar, Grapari Mitra Perintis, Grapari Mitra Panakukkang Square, Grapari Mitra Mattoangin, Grapari Mitra Gowa, Grapari Mitra Maros.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close