News

INDONESIA MOBILE EXCHANGE Platform Teknologi Digital untuk Mobile Advertising

IMX1 ok

Indosat sebagai anggota dari Ooredoo Group,  bersama Smaato meresmikan peluncuran Indonesia Mobile Exchange (IMX), sebuah platform Digital Exchange untuk Mobile Advertising dengan Real-Time Bidding pertama di Indonesia yang menyediakan portal bagi pengiklan lokal dan global untuk terhubung langsung dengan publisher terkemuka di Indonesia dalam menyediakan layanan iklan dengan target yang lebih spesifik.

Peluncuran ini juga merupakan kelanjutan dari pengumuman pembentukan perusahaan patungan (joint venture) antara Indosat dengan Smaato yang dilakukan di Mobile World Congress, bulan Maret lalu. Model kerjasama dalam bentuk joint venture antara mobile network operator dengan advertising technology company ini juga merupakan yang pertama di dunia, kerjasama yang menggabungkan kekuatan informasi perilaku pada telpon selular dan teknologi pengolahan informasinya.

Citra Agus, CEO IMX mengungkapkan, “Suatu kebanggaan bagi kami untuk dapat menghadirkan inovasi di bidang digital mobile advertising melalui Indonesia Mobile Exchange, kolaborasi strategis antara Indosat dengan Smaato, penyedia jasa independen global terkemuka di bidang  mobile advertising exchange dengan real-time bidding (RTB) dan supply side platform (SSP).

Tersedianya platform Exchange yang dapat menjangkau seluruh pelanggan seluler ini kami mulai dengan bekerjasama langsung dengan publisher terkemuka Indonesia, yang diawali dari anggota Indonesia Digital Association (IDA). Bagi para partner publisher, dengan mempergunakan platform IMX, aset untuk iklan mobile mereka dapat dimonetisasi lebih maksimal dengan terbukanya pintu advertiser baik lokal maupun global. Sementara di pihak advertiser, dengan adanya integrasi informasi perilaku pelanggan mobile berbasis program, target sasaran untuk iklan dapat menjadi lebih tajam. Sehingga keduanya secara signifikan bisa mendapatkan keuntungan bersama.”

Platform OTT (over the top) IMX berjalan dengan mempergunakan jaringan internet dari seluruh operator seluler, dengan bekerjasama langsung dengan para pemilik konten melalui publisher-publisher Indonesia. Langkah strategis Indosat untuk memulai berinvestasi pada pembentukan ekosistem layanan digital ini sejalan dengan komitmennya untuk membangun ekosistem digital terbesar di Indonesia sehingga mampu hadir dan bersaing di pasar global.

Tidak hanya melalui kemitraan dengan mitra global seperti Smaato, Indosat juga  melakukan investasi melalui program inkubasi bisnis start-up dan modal dana ventura, yang sudah berlangsung intensif selama 2 tahun terakhir.

IMX2 ok

“Yang terpenting adalah membentuk ekosistem pasar yang sehat, agar semua pihak bisa  mendapatkan nilai tambah yang nyata melalui kerjasama yang saling menguntungkan. Dan ini bukan hanya membuka peluang dari sisi peningkatan bisnis semua pihak, tapi juga dalam hal peningkatan kapabilitas sumber daya manusia, penyerapan standar global dalam pemanfaatan teknologi dan juga membuka lebih lebar  potensi kolaborasi dari berbagai pihak yang selama ini belum sepenuhnya dieksplorasi,” ujar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Ragnar Krusse, co-founder dari Smaato menambahkan “Kerjasama ini merupakan kerjasama yang penting untuk kami, dimana inovasi teknologi akan bertemu dengan pasar yang sangat besar dan dinamis, sehingga akan mendorong percepatan inovasi-inovasi lain yang relevan.

IMX akan mendapatkan visibilitas pergerakan tren mobile advertising dunia, sehingga semua pihak dapat dengan cepat menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Dengan populasi yang besar, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi kekuatan pendorong untuk tren pasar global nantinya.”

IMX yang bernaung di bawah PT. Portal Bursa Digital ini direncanakan akan dapat menjalin kerjasama secara independen dengan operator seluler lain, para pengiklan, publisher-publisher lokal tanah air maupun pihak-pihak lain yang menjadi bagian dari dunia Mobile Advertising di Indonesia. IMX juga akan mempergunakan jaringan Ads Exchange global Smaato yang sudah memberi layanan hingga hampir 5 milyar impression per bulan di Indonesia dan terhubung dengan lebih dari 340 Demand Side Platform di seluruh dunia.

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close