News

Fasilitas Baru Data Center Indosat Telah Berstandarisasi Tier 3

DRC2

Menjawab tren kebutuhan penggunaan sistem teknologi informasi di perusahaan, Indosat mengembangkan fasilitas baru Data Center – Disaster Recovery Center (DC-DRC) atau Pusat Pemulihan Bencana di Jatiluhur. DRC atau Pusat Pemulihan Bencana adalah back-up sistem IT utama yang dipergunakan dan menempatkan infrastruktur beserta datanya dalam lokasi terpisah, untuk memastikan kontinuitas layanan IT perusahaan jika terjadi bencana.

”Indosat berpengalaman dalam menyediakan layanan Data Center dan Pusat Pemulihan Bencana atau DC/DRC untuk pelanggan bisnis. Tujuan utama kami adalah menjamin kontinuitas operasi dan layanan para pelanggan bisnis yang menempatkan sistem IT-nya di fasilitas DC/DRC yang kami bangun dengan memastikan bahwa perangkat server pelanggan tetap bekerja. Pembangunan dan pengembangan fasilitas DC/DRC merupakan jawaban atas tren dan kebijakan pemerintah untuk mendukung keamanan dan kontinuitas bisnis di Indonesia,” demikian disampaikan oleh Feby Sallyanto, Group Head Major & Strategic Accounts Indosat.

DRC3

Fasilitas DC/DRC Indosat disuplai oleh dua sumber listrik, yaitu PLN dan PJT2 sehingga fasilitas DC/DRC telah memenuhi standar Tier 4, yaitu 2N Power Configuration yang dapat menjamin ketersediaan daya hingga 99,995% dan Fault Tolerant. Desain fasilitas ini mengacu kepada standar internasional untuk pembangunan data center dan akan disertifikasi oleh badan sertifikasi data center internasional, Uptime Institute.

Fasilitas baru yang ada di DC/DRC Indosat terdiri dari satu bangunan utama, serta bangunan pendukung untuk infrastruktur mekanikal dan elektrikal. Fasilitas DC/DRC Indosat dibangun dengan desain terbaik sesuai teknologi data center terkini meliputi power system (sistem kelistrikan), cooling system (sistem pendingin), fire protection system (sistem proteksi kebakaran), security system (sistem pengamanan), data center management (manajemen data center), dan sistem pendukung lainnya seperti working area sebagai fasilitas bekerja para karyawan perusahaan pelanggan jika sistem IT pelanggan terkena bencana.

“Data Center dan DRC merupakan bisnis utama layanan IT Services Indosat dan Lintasarta. Seluruh infrastruktur layanan IT Services yang disediakan Indosat dan Lintasarta seperti public atau private cloud kita tempatkan di dalam Data Center dan DRC dengan fasilitas terbaik.

DC/DRC Indosat telah mendapatkan sertifikasi ISO27001 dan penghargaan sebagai Data Center Provider of The Year dua tahun berturut-turut, yang merupakan komitmen kami dalam memberikan layanan terbaik,”, demikian disampaikan oleh Ginandjar, Direktur DataCom & IT Lintasarta

Pembangunan fasilitas baru DC/DRC direncanakan akan selesai pada April 2015 dan akan menjadi bagian dalam 25 fasilitas Pusat Data dan Pusat Pemulihan Bencana di Acasia Global Data Center di 7 negara Asia Tenggara.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close