News

Menikmati  Kualitas Data & Voice Indosat di sepanjang Jalur Kereta Jabodetabek

Indosat DT1

Setelah menyelesaikan program Modernisasi Jaringannya di uji coba jaringan (network drive test) dan memastikan pelanggan selalu mendapatkan kualitas layanan terbaik, terutama di berbagai jalur transportasi padat seperti jalur kereta. Indosat melakukan uji coba jaringan (network drive test) di sepanjang jalur transportasi kereta antara Jakarta – Bekasi, salah satu moda transportasi utama di Jakarta yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar Jabodetabek.

”Transportasi kereta merupakan salah satu jalur utama mobilitas masyarakat Jakarta, dimana masyarakat pengguna transportasi ini pasti membutuhkan kualitas komunikasi yang handal yang bisa mereka manfaatkan sepanjang perjalanan. Menjadi komitmen kami untuk memastikan para pengguna kereta juga mendapatkan user experience terbaik dalam menggunakan layanan Indosat yang didukung dengan kualitas jaringan telekomunikasi yang baik,” demikian disampaikan John M. Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat saat melepas kegiatan drive test bersama media melalui jalur kereta.

Didukung dengan Jaringan Baru Indosat 42 Mbps yang telah digelar di Jabodetabek, masyarakat pengguna transportasi kereta di Jabodetabek akan mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan Indosat, khususnya pemakaian layanan data/internet dengan kecepatan hingga 42 Mbps terluas dan stabil dan kualitas layanan suara yang sempurna.

Selain meningkatkan kualitas layanan suara dan SMS, teknologi U900 dan DC-HSPA+, juga akan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan data untuk berbagai aktifitas dunia maya mereka seperti browsing, upload file, atau melihat HD video serta live streaming bagi pelanggan.

Dalam drive test yang dilakukan di sepanjang jalur kereta Jakarta-Bekasi, menunjukkan hasil kecepatan maksimal mencapai 23,3 Mbps. Uji coba jaringan dilakukan dengan melakukan download dan upload file, serta live streaming Youtube. Kecepatan download rata-rata berhasil dicapai 9,23 Mbps melalui live streaming Youtube yang berhasil dilakukan tanpa adanya buffering.

Pengujian kualitas suara juga dilakukan saat drive test dengan mencoba fitur HD Voice. Fitur HD Voice memungkinkan pelanggan Indosat mendapatkan pengalaman menikmati kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan dengan memanfaatkan layanan Indosat.

Fitur HD Voice dapat dinikmati oleh pelanggan Indosat, selama pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat, serta menggunakan handset yang telah mensupport fitur HD Voice, baik handset dari pembuat panggilan maupun penerima panggilan. Hampir sebagian besar smartphone yang diluncurkan sejak kuartal 3 tahun 2012 lalu telah mendukung fitur HD Voice ini.

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 59% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat Sangat Baik (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5)  dan 39% area lainnya menunjukkan hasil baik dengan nilai Baik. Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, dimana angka 5 menunjukkan hasil excellent.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close