Catatan Pengamat & TipsNews

Tips Bertransaksi  di toko online

 

Belnja online 1

Toko online semakin menjamur seiring dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia. Bahkan, hampir sebagian besar toko online yang ada bisa diakses langsung dari henpon. Namun, tahukah Anda jika tak hati-hati bertransaksi di toko online maka uang bisa melayang dan Anda gigit jari karena tertipu mentah-mentah.

Untuk mengatasi penipuan online dan mengurangi risiko kerugian berikut beberapa tips buat Anda:

1. Hati-Hati Memberikan Data Pribadi

Hati-hati dengan data pribadi Anda mulai dari KTP, SIM, Kartu Kredit, ATM, Rekening dan nomor ponsel. Jika ingin lebih aman khususnya terhadap pencurian data, pakai kata sandi acak untuk setiap tranksaksi.

2. Cek dan Periksa Penjual

Sulit memastikan penjual di toko online bisa dipercaya atau tidak. Tapi, Anda bisa melakukan sedikit pengamatan dengan mengecek alamat situs atau pribadi yang bersangkutan dengan toko online. Mulai dari cek alamat, kontak person.

3. Kumpulkan Data dan Informasi Selengkap Mungkin

Anda harus sedikitnya mengenali produk yang hendak dibeli atau minimal mengetahui informasinya. Jangan sampai karena tidak memiliki informasi yang tidak jelas dan lengkap, Anda salah membeli barang.

4. Pantau Harga

Untuk mendapatkan produk murah tapi berkualitas, anda harus mengecek perbandingan harga antara toko online satu dengan yang lain. Juga bandingkan dengan harga di toko offline untuk lebih memastikannya. Ongkos kirim juga harus diperhatikan supaya Anda tidak ‘tekor’ saat belanja.

5. Pastikan Keamanan Transaksi

Saat transaksi, ada banyak cara yang ditawarkan toko online. Mulai dari pembayaran via kartu kredit, Paypal, transfer langsung via bank dan lain sebagainya. Jika Anda masih pemula, lebih baik melakukan transfer langsung karena kartu kredit kadang mengandung resiko. Pakai PayPal untuk belanja online produk yang dijual skala internasional. Waspada terhadap nomer telepon tidak jelas berkode area luar negeri yang meminta cara pembayaran melalui Western Union, Moneygram dan cek.

6. Jangan Terbuai Promo dan Diskon

Hati-hati dengan aksi penipuan yang memanfaatkan momen pesta diskon dengan mengirim halaman palsu atau link palsu.

7. Simpan bukti Transaksi

Jika sudah berbelanja, jangan lupa menyimpan bukti transaksi, siapa tahu suatu saat bisa dipakai lagi.

8. Hubungi Tim Support

Jika masih kurang yakin coba hubungi tim support dan pastikan bahwa semua prosedur sudah dilakukan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close