News

Membawa Anak Muda Indonesia ke Dunia Digital Creative

Telkomsel Loop Kepo 2

Telkomsel menggelar LOOP KePo Digital Festival di Jakarta Convention Centre pada tanggal 12-13 Desember 2014 yang akan menghadirkan beragam tokoh inspiratif di dunia industri kreatif, baik dari dalam dan luar negeri.

LOOP KePO Digital Festival merupakan acara puncak rangkaian program LOOP KePo (Kreatif Project) yang diluncurkan pada tanggal 12 September 2014 lalu dan telah melangsungkan roadshow di 10 kota di Indonesia.

LOOP KePo merupakan suatu rangkaian kegiatan yang khusus diperuntukkan bagi  anak muda Indonesia  yang memberikan wadah edukasi sekaligus kompetisi untuk menciptakan konten-konten kreatif di media digital berupa Digital Writing  dan Mobile Video.

Jika selama ini anak muda umumnya menjadi pengkonsumsi konten digital, maka melalui Loop KePO mereka didorong  untuk menciptakan kontek-konten kreatif yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Adita Irawati Telkomsel Loop Kepo 3Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, “Sebagai operator seluler terbesar di Indonesia dengan visi menjadi perusahaan penyedia layanan dan solusi digital, sudah merupakan tanggung jawab sosial kami untuk terus mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda tentang berbagai manfaat positif dari teknologi.

Dalam melakukan hal tersebut,  kami memilih untuk melakukan pendekatan yang fun kepada segmen youth yang disesuaikan dengan minat dan kebiasaan mereka.”

Adita menjelaskan lebih lanjut, selama melakukan kegiatan roadshow di 10 kota yaitu :  Bandung, Medan, Lampung, Manado, Makassar, Malang, Surabaya, Yoyakarta, Banjarmasin, dan Denpasar, animo para LOOPers (sebutan pengguna LOOP berusia 12-19 tahun) untuk mengikuti program amat luar biasa, dimana hal ini dapat terlihat dari selalu penuhnya kelas coaching clinic tentang Digital Writing dan Mobile Video.

Secara total terdapat lebih dari 100 ribu LOOPers yang hadir di acara ini. Jumlah ini, kata Adita menggambarkan betapa besarnya rasa ingin tahu dan kemauan untuk mempelajari hal baru anak muda Indonesia khususnya yang terkait dengan media digital.

Hal ini sangat relevan dengan hasil studi dari UNICEF dengan Kominfo di awal tahun 2014 yang menemukan bahwa setidaknya 30 juta anak-anak dan remaja di Indonesia merupakan pengguna internet dan media digital saat ini menjadi pilihan utama saluran komunikasi yang mereka gunakan.

LOOP KePo Digital Festival akan menghadirkan sederetan tokoh yang inspiratif dari dunia industri kreatif. Salah satu nama besar yang diundang LOOP ke Indonesia adalah David Powell yang merupakan Youtube Content Operations Director Asia Pacific dan pemilik blog ShootTokyo. Selain itu hadir pula Vitaly Zdorovetskiy (US Youtube Artist), dan Erwan Heusaff (International Chef & Food Vlogger).

Sedangkan dari dalam negeri akan hadir sebagai pembicara diantaranya Anies Baswedan (Menteri Pendidikan), Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Raditya Dika, Joko Anwar, Pandji Pragiwaksono, Dewi Lestari, dan Eka Gustiwana.

Selain itu di sesi inspirasi anak muda Indonesia hadir pula Rafi Ridwan, fashion designer tuna rungu berusia 11 tahun yang sudah go international. “Kami ingin melihat lebih banyak lagi generasi muda sebagai kreator, dimana mereka dapat menciptakan berbagai konten di dunia industri kreatif, seperti dalam hal design, penulisan, video, aplikasi, dan lainnya karena generasi inilah yang akan membangun ekosistem digital di tanah air.

Hadirnya nama-nama besar di LOOK KePo Digital Festival kami harap dapat menjadi inspirasi dan membuka mata para generasi muda Indonesia untuk bisa berkarya dan menembus pasar global”, tambah Adita. LOOP KePo Digital Festival juga menjadi acara puncak untuk pengumuman pemenang LOOP KePo Challenge yang telah dilangsungkan sejak 15 September hingga 31 November 2014.

Terdapat empat pemenang untuk kategori ‘Digital Writing’, dimana mereka akan mendapatkan kesempatan untuk membuat e-book dengan dimentori langsung oleh Dewi dee Lestari dan Raditya Dika.

Sedangkan untuk kategori ‘Mobile Video’, terdapat empat pemenang yang akan mendapatkan kesempatan untuk membuat short movie dengan dimentori langsung Joko Anwar dan Pandji Pragiwaksono.

Seluruh pemenang juga akan mendapatkan gadget terbaru LG G3. Acara ini juga dimeriahkan oleh Boyce Avenue, The Overtunes, Isiana Sarasvati, Midnight Quickie, Calvin Jeremy, Pee Wee Gaskins, Andovi DaLopez,  MALIQ & D’ESSENTIALS,  Erix Soekamti, Putri Miranti, Thalita Latief, Gofar Hilman, Sacha Stevenson, Kunto Aji, Rani Ramadhany, Jessica Febiani, Jessica Yamada, SkinnyIndonesian24, Bena Kribo, Gamaliel Audrey Cantika (GAC), The Nelwans, Eka Gustiwana,  dan The Overtunes.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close