News

Menjadi Direksi XL itu “Sengsara membawa nikmat”

Jadi CEO 1 ok

PT XL Axiata Tbk. (XL) menyelenggarakan program diskusi berbagi pengalaman menjadi Direksi XL, yang merupakan rangkaian program CEO/BOD Challenge, yakni merasakan pengalaman menjadi Direksi XL. Setelah melalui berbagai tahap seleksi, program ini telah berhasil menyaring empat orang pemenang untuk mendapatkan pengalaman berharga untuk menjadi Chief Executive Officer (CEO), Chief Service Management Officer (CSMO), Chief Digital Service Officer (CDSO) dan Chief Commerce Officer (CCO).

Keempat orang tersebut adalah Anthony Soehartono (Institute of Business Management), Hasnan Chatim (Institut Teknologi Bandung), Akhsani Indra Waskita (Universitas Gadjah Mada) dan Claristy (Universitas Indonesia).  Keempat mahasiswa terpilih tersebut telah menjalani peran sebagai Direksi XL sejak tanggal 23 – 28 Nopember 2014.

Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi mengatakan, “Banyak sekali potensi yang dimiliki oleh generasi muda untuk menjadi calon-calon pemimpin di masa depan, mereka hanya butuh untuk diinspirasi dan diberi kesempatan oleh kita bahwa semua orang bisa menjadi pemimpin. Lewat program ini XL ingin mengasah kemampuan dan keberanian mereka untuk berpikir dan  merasakan pengalaman bekerja menjadi seorang pemimpin, sehingga menumbuhkan sifat-sifat kepemimpinan mereka”.

Ketika berbincang dengan keempat mahasiswa yang terpilih merasakan menjadi direksi XL, banyak pernyataan terlontar, seperti yang diungkapkan oleh Anthony Soehartono, “ ternyata menjadi seorang pemimpin itu tidak instant, dibutuhkan proses dan pelatihan secara terus menerus. Saya bangga Bisa melompat langsung dan merasakan menjadi seorang direksi di XL ini”.

Sementara Akhsani Indra Waskita, mahasiswa Gajah Mada yang menggantikan Peran Pak Hasnul sebagai CEO menyatakan, “Menjadi CEO itu gak gampang dan sangat berat, sampai Fasilitas yang disediakan oleh penyelenggara seperti Apartemen, Mobil Alpart, dan lainnya tak sempat saya nikmati. Bahkan saya kurang tidur, hingga saya terlihat lebih tua dari umur saya sebelum mengikuti program ini, Sambil tertawa lepas”.

Walaupun demikian, ternyata keempa mahasiswa ini cukup senang mengikuti program ini, Boleh dibilang kegiatan ini merupakan “Sengsara membawa nikmat” karena betapa tidak setelah akhir program mereka dihadiahi  masing masing Macbook Pro dan beberapa fasilitas lain yang tentunya membawa nikmat.

Kegiatan diskusi hari ini merupakan laporan rangkuman dari kegiatan para pemenang CEO Challenge yang selama satu minggu memegang jabatan sebagai Chief Executive Officer (CEO), Chief Digital Services Oficer (CDSO), Cheif Service Management Officer (CSMO), dan Chief of Marketing and Commerce Officer (CCO) di XL.

Kegiatan-kegiatan yang para pemenang CEO Challenge lakukan mulai dari mengikuti meeting dengan jajaran direksi, market visit, pelatihan, dan memimpin masing-masing divisi seperti layaknya para CEO yang mereka perankan. Melalui program CEO Challenge, para pemenang mendapatkan pengalaman berharga dengan mengetahui langsung proses bekerja para pemimpin perusahaan dan termotivasi untuk bisa melakukan hal yang sama di masa depan.

CEO Challenge pertama diluncurkan XL pada bulan Mei lalu dan mendapatkan antusiasme luar biasa dari para mahasiswa. Sebanyak kurang lebih 2,000 mahasiswa mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini. Setelah dilakukan beberapa proses seleksi yang meliputi seleksi administrasi, orisinalitas karya tulis dan video, akhirnya terpilih 4 (empat) pemenang setelah melalui seleksi interview yang dilakukan oleh manajemen XL.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close