News

Wacom Datascrip Comic Competition , Hadirkan Komikus generasi Baru

Wacom kompetisi ok

Sembilan pemenang dari tiga kategori Wacom Datascrip Comic Competition resmi diumumkan Datascrip. Kompetisi berskala nasional ini khusus untuk pelajar SMP dan SMA serta mahasiswa. Kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 200 karya.

Wacom Datascrip Comic Competition kali ini mengangkat tema “Kehidupan Sekolah” dan berlangsung pada 1 Juli – 30 September 2014. Dalam kompetisi ini diikuti oleh para peserta dari berbagai wilayah di tanah air. Mulai dari kota-kota di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatra, Kalimantan, sampai Sulawesi dengan sumlah total karya mencapai lebih dari 200 komik.

“Wacom Datascrip Comic Competition berhasil mengumpulkan komikus-komikus generasi baru yang potensial. Mereka cukup mapan dalam penggarapannya, baik dari segi gambar maupun penceritaan. Jika bakat-bakat ini terus diasah lagi dengan menanamkan unsur-unsur lokal, maka dalam 3-4 tahun, komik Indonesia bisa kembali menunjukkan taringnya,” kata Sweta Kartika, salah satu anggota tim juri.

PT Datascrip selaku authorized distributor Wacom di Indonesia berkomitmen untuk senantiasa mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia dengan memberikan wadah dan kesempatan bagi generasi muda menuangkan kreativitas mereka. “Antusiasme yang tinggi untuk mengikuti Wacom Datascrip Comic Competition menunjukkan ada banyak bakat muda yang potensial di dalam negeri. Kami berharap ajang seperti ini dapat memperkaya pengalaman dan semakin mengasah kreativitas mereka, serta membuka peluang untuk berkarya secara profesional. Bukan hanya di tingkat nasional melainkan juga internasional,” ungkap Jeremy Hermanto, Division Manager PT Datascrip.

Setelah dilakukan penjurian pada 8-9 Oktober 2014 oleh Dewan Juri, yang terdiri dari Is Yuniarto (Komikus), Sweta Kartika (Komikus), Sheila Rooswitha  (Komikus), Gita Juwita (Editor re:ON Comics) dan Rendy Burhan (Creative Designer dari Tim Wacom Datascrip) yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah

Para pemenang untuk kategori SMP adalah Juara pertama diraih Hamdan Katsiro, Ammar Fatah Usama, Muhammad Naufal Ariq dari SMPIT Al-Masykar Bina Insani (Serang-Banten)melalui judul “Expo Ekskul”, Juara kedua  diraih Diana Tanamas & Karensa Marvella dari SMPK 4 Penabur (Jakarta) melalui karya “Veritable Amitie” dan Juara ketiga diperoleh Afifa Alifia dari SMPIP Daarul Jannah (Cibinong-Bogor) melalui karya “Unknown Signal”.

Sedangkan kategori SMA berhasil dimenankang oleh Nadine Marijke Oen & Maudy Nathania dari SMAK Yahya (Bandung) sebagai Juara satu dengan karya “Hypocrisy”, untuk juara kedua diraih Anissa Dhia Baswedan & Meylinda Rukmana SMAN 1 Yogyakarta melalui karya “Home”. Sedangkan pemenang ketiganya jatuh kepada Ayu Devita Christanti, Gede Mahaputra dan Bagus Khrisna Aditya dari SMAN 1 Denpasar dengan karya “Last Promise”.

Sementara untuk Kategori Mahasiswa dimenangkan oleh Cherie Eirene & Adelia Aprilianti dari Universitas Kristen Maranatha (Bandung) dengan karya “Smile”, untuk posisi kedua diraih Taufiq Aji Permana & Muhammad Izzudin Abdullah dari Institut Teknologi Sepuluh November (Surabaya) melalui karya “Akademi Gumbala” dan posisi ketiga diraih Karina Khairunisa dari Sumedang dengan karya  “People Love Good Bad Boy Don’t They”.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close