News

Indosat  bersama Google hadirkan peringatan dini Tsunami & Gempa Bumi

tsunami-di-aceh--2004 ok

Indosat bersama dengan Google dengan bangga menghadirkan layanan Google Public Alert bagi pelanggan ponsel di Indonesia.  Ini untuk pertama kalinya layanan public alerts yang menyediakan peringatan dini tsunami dan gempa bumi tersedia dan dapat diakses melalui UMB dan SMS melalui perangkat ponsel fitur dan ponsel pintar.

Layanan Google Public Alerts didesain agar dapat menyediakan informasi peringatan dini yang relevan dan akurat ketika terjadi bencana. Saat ini, peringatan dini untuk bencana gempa bumi dan tsunami sudah dapat dimanfaatkan melalui halaman Google Public Alerts dan platform layanan Google lainnya seperti Google Search, Google Maps dan Google Now. Dimana informasi bencana yang disediakan oleh Google bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Mulai saat ini pelanggan Indosat dapat memperoleh update informasi bencana tsunami dan gempa bumi yang terjadi di Indonesia secara real time dengan mengakses *123*77# dan ikuti petunjuk selanjutnya. Setelah mengakses *123*77# lalu tekan OK/Yes dan pilih menu “info bencana disekitar”. Jika terdapat peringatan bencana, peringatan tersebut akan dikirim langsung ke perangkat seluler pelanggan. Layanan ini telah tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh pelanggan prabayar dan paskabayar Indosat sejak tanggal 22 September 2014.

“Kami bangga menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang dapat bekerja sama dengan Google mempersembahkan layanan informasi bencana melalui akses UMB dan SMS. Semoga layanan ini dapat membantu masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah rawan bencana untuk mendapatkan informasi dini dan antisipasi yang bisa dilakukan,” demikian disampaikan oleh Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat.

“Kami senang bekerjasama dengan Indosat agar layanan Google Public Alert dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas di Indonesia. Untuk pertama kalinya kami bekerjasama dengan operator telekomunikasi agar layanan Public Alert ini dapat dinikmati melalui perangkat ponsel fitur dan ponsel pintar. Melalui kesempatan ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi & Geofisika) yang memberikan data paling aktual yang memungkinkan Google dan Indosat dapat menyediakan informasi peringatan dini dan life-saving yang lebih luas kepada masyarakat” demikian disampaikan oleh Meryl Stone, pejabat layanan Google Crisis Response.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close