News

Canon PhotoMarathon Indonesia 2014  Ajang Kompetisi Para Fotografer

ribuan peserta CFC2014

Kemeriahan Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 yang berlangsung di Plaza Selatan, Gelora Bung Karno Senayan begitu terasa. Lebih dari 2.000 peserta ikut ambil bagian dalam ajang kompetisi paling bergengsi dan terbesar di Indonesia dan Asia ini. Selain berlomba untuk meraih hadiah ratusan juta rupiah, perjalanan klinik foto ke Pulau Lombok, hingga hadiah utama klinik foto ke Jepang, para peserta terlihat begitu antusias mengikuti keseluruhan rangkaian acara Canon PhotoMarathon Indonesia 2014.

Penyelenggaraan Canon PhotoMarathon Indonesia di tahun keenam ini semakin membuktikan komitmen Canon dan PT. Datascrip dalam memajukan dunia fotografi di Indonesia. Hal ini terlihat dari kepesertaan acara yang terbuka bagi seluruh pecinta foto pengguna kamera digital dengan merek apapun.

Di tengah keramaian acara tahun ini terlihat pula ratusan fotografer muda yang masih duduk di bangku sekolah. Mereka merupakan peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 kategori khusus Pelajar yang sengaja dikelompokkan agar mereka dapat berkreasi dan berkompetisi di antara mereka dengan lebih percaya diri.

Selain sesi lomba yang ditujukan untuk mengasah kreativitas fotografis para peserta, ajang ini juga menjadi sarana bagi para komunitas pecinta foto untuk berkumpul dan saling berbagi. Terlihat banyaknya fotografer dari berbagai komunitas bahkan dari berbagai daerah saling menyapa dan berbincang dengan serunya. Dengan adanya pertemuan seperti ini tentunya jaringan komunikasi antar komunitas fotografi baik dari daerah yang sama maupun berbeda-beda akan semakin meningkat dan turut memacu kemajuan kelompok mereka masing-masing.

Tak hanya itu, di ajang ini para peserta pun dibekali dengan ilmu fotografi berharga dari sesi seminar fotografi yang mendatangkan langsung pembicara kelas dunia, Justin Mott, seorang fotografer profesional yang karya-karyanya telah dipublikasikan di New York Times, TIME dan Forbes. Para peserta pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan langka ini dan berlomba-lomba mengajukan beragam pertanyaan kepada Justin.

Kemampuan para peserta dalam membidik foto model yang baik di tengah keramaian layaknya dalam sebuah pagelaran mode pun turut diasah dalam sesi hunting foto model yang menampilkan model-model profesional di berbagai titik pemotretan di seputar lokasi acara. Para peserta benar-benar merasakan pengalaman begitu unik dan menyeluruh dalam sehari ini yang tidak akan mereka dapatkan di acara lomba atau ajang fotografi lainnya.

“Ajang Canon PhotoMarathon Indonesia telah menjadi agenda rutin bagi pecinta fotografi di tanah air. Tidak hanya memperebutkan hadiah senilai ratusan juta rupiah dan perjalanan foto klinik ke dalam dan luar negeri, ajang ini juga sekaligus menjadi wadah silaturahmi para fotografer dari seluruh penjuru tanah air sekaligus untuk berbagi dan menggali ilmu fotografi,” ujar Merry Harun – Direktur Divisi Canon, pt. Datascrip.

Pemenang CFC2014Tahun ini, sesi lomba terbagi dalam tiga sesi yang dimulai dari tema 1, yaitu “Olahraga Yuk” Setelah sesi tema 1 selesai, panitia mengumumkan tema 2 “Aduh Panasnya”, dilanjutkan kemudian dengan sesi terakhir yang mengusung tema “Peduli Lingkungan”. Para peserta terlihat begitu bersemangat dalam mengikuti keseluruhan rangkaian lomba.

Foto-foto terbaik dari hasil jepretan para peserta sejak pagi hingga siang hari langsung dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari para fotografer dari latar gaya pemotretan yang beragam, yakni Arbain Rambey (Fotografer & Pewarta Foto), Yadi Yasin (Fotografer & Mentor Fotografi), Vebri Adrian (Fotografer Profesional), Risman Marah (Fotografer Profesional & Instruktur Fotografi), Yoga Yudana (Fotografer Profesional), dan Bobbie Adiyanto (Asst. Creative & Production Manager, pt. Datascrip).

Tampil sebagai juara umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2014 di Jakarta yang berhak membawa pulang 1 unit kamera DSLR Canon EOS 70D dan perjalanan klinik foto ke Jepang bersama juara umum dari Medan dan Yogyakarta serta para juara utama negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2014 lainnya adalah Endang Tonari.

Dalam perjalanan klinik foto ini, para peserta akan dibimbing langsung oleh seorang fotografer profesional papan atas sehingga mereka akan banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu fotografi baru untuk diterapkan dan dibagi bersama komunitas fotografer di sekitar mereka sekembalinya mereka dari perjalanan tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close