News

XL Perkuat Bisnis Layanan Data dan Digital Hadapi Tantangan 2015

DS_2 ok PT XL Axiata Tbk (XL) terus menunjukkan kesiapannya untuk bersaing menghadapi tantangan industri tahun 2015 hingga beberapa tahun ke depan. Persiapan XL antara lain dengan meningkatkan kualitas jaringan dan layanan, juga melalui transformasi organisasi.

Awal Januari 2015, RUPS Luar Biasa XL menyetujui pengangkatan Dian Siswarini sebagai Wakil Presiden Direktur XL. Perubahan pada sisi management tersebut diharapkan akan makin memperkuat posisi XL menghadapi persaingan dan tantangan di tahun-tahun ke depan.

Dian Siswarini mengatakan,” Tahun ini banyak sekali tantangan yang akan dihadapi XL untuk dapat tetap berkompetisi dalam bisnis telekomunikasi, antara lain peningkatan dan pencapaian target penjualan dan revenue, peningkatan kualitas pengalaman pelanggan (customer experience), peningkatan kapasitas menuju era teknologi 4G serta menjaga shareholders value. Tidak bisa dipungkiri, dengan mulai diperkenalkannya layanan 4G akhir tahun kemarin tuntutan pelanggan terhadap layanan data dan digital akan makin tinggi. Karena itu XL telah mempersiapkan sejumlah produk andalan terutama produk layanan digital yang selama ini sudah ada, dan akan kami perkuat dan perbanyak lagi sehingga nantinya akan banyak inovasi bisa dinikmati oleh pelanggan.”.

Dian menambahkan, untuk  tahun ini kami akan tetap mengalokasikan dana belanja modal untuk membangun dan memperluas jaringan agar dapat melayani masyarakat secara lebih luas. Ini juga akan menjadi  pondasi untuk menopang pertumbuhan perusahaan ke depannya. Pada 2015 ini,  XL berencana mengalokasikan investasi yang tidak berbeda jauh dengan nilai investasi di tahun-tahun sebelumnya, di mana sebagian besar di antaranya akan dialokasikan untuk mendukung bisnis layanan data.

XL telah siap menjalankan sejumlah inisiatif khusus. Pada layanan digital, XL berfokus pada penyediaan berbagai layanan digital, termasuk juga value added services (VAS) yang variatif dan inovatif. Sejumlah layanan digital yang terus dikembangkan oleh XL antara lain mencakup XCloud, Mobile Advertising, Mobile Content, juga Digital Entertaiment. Tidak ketinggalan, juga ada layanan XL Asuransi M2M, serta XL Tunai (M-Payment). Layanan-layanan tersebut terbukti mendapatkan respon yang positif dari pelanggan dan masyarakat. Dalam satu tahun terakhir ini, bisnis layanan Digital Services XL mengalami pertumbuhan sekitar 50% , telah melayani lebih dari 1.000 pelanggan korporat, serta didukung oleh lebih dari 10.000 mitra kerja.

Untuk peningkatan kualitas jaringan, XL memastikan langkah-langkah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan akan tetap terus dilakukan untuk menjamin kenyamanan pelanggan. Tahun 2015 ini, XL akan mengembangkan jangkauan layanan 4G hingga merata ke sejumlah wilayah di Indonesia, di antaranya Mataram-Lombok, Denpasar, Malang, Sidoarjo, serta Jakarta. Pada Desember 2014, XL telah meluncurkan secara komersil layanan 4G di Medan, Yogyakarta, dan Bogor. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat Indonesia bisa ikut memanfaatkan kecanggihan teknologi 4G dari XL.

Di sisi lain XL juga tetap akan menambah kapasitas layanan data 3G, sehingga akan memberikan kemudahan akses layanan data yang berkualitas untuk masyarakat. Perluasan daerah layanan area juga tetap dilakukan XL termasuk di wilayah-wilayah pelosok dan perbatasan wilayah Indonesia sesuai dengan ketentuan dari pemerintah yang diberikan kepada XL.

Hingga kuartal ketiga tahun 2014, pelanggan layanan internet XL mencapai sekitar 31,2 juta atau 53% dari total 58,3 juta pelanggan. Sementara itu pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone saat ini telah mencapai sekitar 14,6 juta pelanggan. XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 49 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button