News

ZTE Tawarkan Teknologi Jaringan NFV dan SDN bagi Operator

Mr Li in ZTE

Redwing Asia, sebuah lembaga penelitian dunia, memprediksi bahwa layanan data akan menjadi pendorong pertumbuhan pendapatan operator telekomunikasi di masa depan. Mengutip langsung dari laporan analis tersebut, “Mobile broadband menjadi factor pertumbuhan baru bagi operator di Indonesia, karena pendapatan dari layanan voice dan sms mengalami stagnasi dan belum lagi muncul persaingan dari penyedia layanan OTT seperti WhatsApp, LINE, danWeChat yang menjadi semakinketat.”

Pertumbuhan data dan juga persaingan yang semakin ketat di pasar memaksa operator untuk mampu menghadirkan layanan inovatif yang baru dengan cepat. Bila operator masih menggunakan system infrastruktur tradisional, maka infrastruktur tersebut akan menghambat kecepatan dan kelincahan operator dalam menghadirkan berbagai layanan baru.

Hal ini terjadi karena setiap kali operator ingin menawarkan layanan baru, mereka harus menyesuaikan kembali infrastruktur mereka; mulai dari membeli hadware baru, menyesuaikannya dengan sistem yang sudah ada, menerapkan dan menyesuaikan software baru agar dapatbekerja di dalam system tradisional mereka.

Jess Li, Vice President Global Marketing & Research ZTE USA, mengatakan, bila operator masih menggunakan sistem infrastruktur tradisional, infrastruktur tersebut akan menghambat kecepatan dan kelincahan operator dalam menghadirkan berbagai layanan baru. Hal ini terjadi karena, setiap kali operator ingin menawarkan layanan baru, mereka harus menyesuaikan kembali infrastruktur mereka.

Menurut Li, operator perlu mengadopsi sistem generasi terbaru, seperti Network Functions Virtualization (NFV) dan Software Defined Networking (SDN), yang didasarkan pada teknologi virtualisasi dan cloud.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, operator perlu mengadopsi system generasi terbaru yang mampu menyediakan kemampuan bagi operator untuk menyediakan layanan baru dengan cepat, kemudahan skalabilitas, dan mengurangi duplikasi.

Kesemua hal ini mampu disediakan oleh system generasi terbaru, seperti NFV dan SDN, karena system ini didasarkan pada teknologi virtualisasi dan cloud yang mampu membantu perusahaan mengelola kebutuhan perangkat penyimpanan, komputasi, serta jaringan mereka.

NFV merupakan sebuah konsep arsitektur yang menyediakan kemampuan bagi operator untuk menyederhanakan system jaringan mereka, dengan memvirtualisasikan fungsi platform jaringan dan fungsionalitas hardware. Secara sederhana, NFV mampu menawarkan fungsi, jaringan, dan infrastruktur jaringan sebagai sebuah layanan, bukan sebagai sebuah fitur di dalam sebuah sistem yang terintegrasi.

Jika NFV mampu menawarkan kemampuan bagi operator untuk meningkatkan pelayanan mereka seraya mengurangi biaya modal yang dibutuhkan untuk itu, maka lain halnya dengan SDN. SDN merupakan sebuah konsep arsitektur yang memisahkan network control plane (bagian dari jaringan yang membawa trafik signal dan bertanggungjawab untuk routing) dari forwarding plane.

Secara sederhana, SDN adalah infrastruktur yang dinamis, dapat dikelola dengan mudah, efektif secara biaya dan mudah untuk diadaptasikan, sehingga menjadikan infrastruktur ini ideal untuk aplikasi-aplikasi saat ini yang dinamis.danmembutuhkan bandwidth tinggi.

Arsitektur SDN memisahkan fungsi control jaringandan forwarding sehingga memungkinkan pengaturan jaringan untuk dapat deprogram secara langsung dan menjadi dasar dari infrastruktur untuk mampu memisahkan aplikasi dan layanan jaringan.

Membandingkan secara langsung kedua infrastruktur ini, NFV mengatasi masalah virtualisasi elemen-elemen fungsi jaringan, memisahkan software dari hardware namun tetap bisa bekerja bersama, sedangkan SDN lebih focus pada kontrol yang tersentralisasi pada level jaringan, virtualisasi, dan open interface. Kedua infrastruktur ini bila digabungkan maka akan menawarkan sebuah kombinasi yang saling melengkapi yang menghasilkan solusi yang lengkap dan optimal dalam virtualisasi jaringan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close