News

Huawei Latih 100 Mahasiswa dari Universitas Terkemuka Indonesia

Huawei 2

Huawei, perusahaan penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dunia, melatih 100 mahasiswa terkemuka Indonesia dalam program Huawei Certified Datacom Associate (HCDA) Student Training. Program ini kelanjutan dari kesepakatan PT Huawei Tech Investment dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi (Balitbang Kominfo), PT Telkom dan PT Telkomsel pada Oktober 2013 lalu.

Berdasarkan kesepakatan, Huawei dan para mitraberkomitmen untuk mendukung program pelatihan telekomunikasi untuk talenta lokal dari universitas terkemuka Indonesia selama tiga tahun.

“Huawei percaya, pendidikan dan komunikasi adalah faktor utama dalam meningkatkan daya hidup manusia, dan kami ingin ikut berkontribusi guna meningkatkan industri telekomunikasi Indonesia dengan membantu menyiapkan talenta-talenta ICT lokal muda, melalui program CSR global kami, yaitu Telecom Seeds for the Future.” ungkap Sheng Kai, Presiden Direktur PT Huawei Tech Investment.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi, Basuki Yusuf Iskandar mengatakan, “Indonesia harus menyiapkan dirinya, terutama dalam hal sumber daya manusia, untuk menghadapi ASEAN Free Trade Area [AFTA] 2015. Pendidikan yang berkualitas, yang diperkuat keahlian kerja bersertifikasi, merupakan aset penting yang harus dimiliki dalam menghadapi tantangan persaingan sumber daya manusia dari negara-negara ASEAN lainnya.

Hal itu didukung Telkomsel, Herdy Harman, Direktur Human Capital Management, Telkomsel mengatakan, “Kami yakin dengan program ini, kami menyadari pentingnya memiliki keahlian di bidang TIK. Industri ini terus tumbuh, berkembang dan semakin kompetitif. Kami berharap pertukaran pengetahuan dalam program ini akan menjadi batu loncatan yang baik bagi siswa TIK di Indonesia. Telkomsel senang menyambut sepuluh siswa terbaik untuk magang di Telkomsel sehingga keahlian kami dalam bisnis seluler, yang saat ini terfokus pada layanan digital, diharapkan mampu memberikan pengalaman berharga kepada para siswa.

Program Huawei Certified Datacom Associate (HCDA) Student Training tahap 1 telah usai dilaksanakan dengan diselenggarakannya acara Inagurasi pada tanggal 13 Juni 2014 lalu di Auditorium Pustiknas, Ciputat.

Huawei melatih 100 mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Telkom (Tel U). Pelatihan dilakukan di dua lokasi, yaitu Pusat TIK Nasional (Pustiknas) Ciputat dan STEI – ITB Huawei Training Centre, Bandung pada tanggal 7 – 12 Juni 2014.

Pelatihan ini fokus pada sertifikasi jaringan Huawei Certified Datacom Associate (HCDA), yang setara dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Network Administrator.

Huawei Indonesia merasa sangat terhormat dapat melakukan inagurasi untuk pelatihan mahasiswa bersama Balitbang Kominfo, Telkom dan Telkomsel. Sheng Kai menyatakan Huawei berkomitmen akan terus memberikan bantuan bekerjasama dengan mitra kami, untuk menjadikan Indonesia sebagai tempat yang lebih baik untuk hidup dan bekerja.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close