News

3 Operator Bertarung sengit unjuk Gigi di KTT APEC Bali.

Ternyata Penyelenggaraan  APEC yang berlangsung di Bali merupakan  arena unjuk taring bagi para operator papan atas.  Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC yang akan diselenggarakan pada 5 – 7 Oktober 2013  mendatang tentu menjadi sebuah pekerjaan yang prestisius sekaligus unjuk kemampuan para Operator ini.

Seperti yang telah dipersiapkan oleh XL, bahwa untuk mennyambut momen besar kenegaraan ini  melakukan berbagai upaya peningkatan insfrasturktur jaringan telekomunikasi khususnya di wilayah  Bali dan sekitarnya termasuk di area-area Bandara udara sebagai lokasi parkir pesawat yang membawa delegasi  APEC.

Untuk pesiapan pertempuran, XL didukung dengan ketersediaan jaringan backbone fiber optic bawah laut yang menghubungkan  Jawa-Bali serta Bali-Lombok-Makasar dengan kapasitas masing masing sebesar 180 Gbps, yang semuanya juga terhubung dengan rangkaian backbone fiber optic XL yang berada di jalur Sumatra, Batam, dan Kalimantan. Khusus Jaringan fiber optic XLmemiliki sepanjang 1.882 Km di berbagai wilayah.

menara-BTS

Direktur Service Managemen XL, Ongky Kurniawan mengatakan Hingga saat ini petugas XL terus memastikan kualitas jaringan terutama si lokasi lokasi yanmg menjadi tempat kesibukan  penyelenggaraan APEC hingga tetap terjaga dengan baik. Dengan kekuatan pasar XL yang menguasai lebih dari 40 %  market shere dibali, kami yakin akan mampu menampung  jika terjadi lonjakan trafik selama penyelenggaraan APEC.

Hal yang sama pun dilakukan oleh Indosat dengan menggelar berbagai layanan Telekomunikasi teknologi terkini. “Kami yakin dengan pengalaman dan berbagai layanan Indosat teknologi terkini, kami siap dan berkomitmen untuk mensukseskan rangkaian APEC 2013 sehingga Indonesia dapat bangga menjadi tuan rumah dari konferensi bergengsi ini,” demikian disampaikan oleh President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli.

Indosat menyediakan berbagai layanan dan solusi telekomunikasi, baik selular maupun MIDI (multimedia, data, & internet) secara terintegrasi dalam forum APEC 2013 di Bali ini, antara lain :

Layanan Indosat Cloud , Layanan broadcast, yang merupakan satu-satunya operator yang menyediakan layanan TV keseluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan media dan broadcaster dalam akuisisi berita TV. Layanan selular  yang didukung dengan Jaringan 3G di frekuensi 900 MHz  termasuk  layanan video Indosat di area konferensi APEC yang didukung dengan kekuatan backbone fiber optik terestrial dan kabel laut domestik dan international serta jaringan satelit regional dan internasional milik Indosat dengan kapasitas dan reliabilitas tinggi serta dukungan koneksi ke berbagai provider internet international tier 1 dan peering partner di Hongkong dan Singapore.

Indosat juga menyediakan Layanan internet 24 jam yang handal  khusus di berbagai lokasi hotel para delegasi menginap, Indosat menyediakan layanan internet dedicated yang didukung dengan jaringan fiber optik khususnya untuk kebutuhan layanan Internet dan Indosat Phone (fixed lines), baik untuk kebutuhan lokal, long distance maupun international roaming.

Termasuk  Layanan SuperWiFi  dengan teknologi EAP-SIM (Extensible Authentication Protocol-SIM), yaitu teknologi yang memungkinkan pengguna dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Indosat tanpa harus mengisi Username & Password (seamless) di berbagai lokasi penting untuk mendukung suksesnya APEC, seperti di sejumlah hotel tempat delegasi menginap dan beberapa lokasi konferensi. Saat ini fitur tersebut sudah dapat digunakan di berbagai perangkat sistem operasi meliputi Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry.

Sementara Moment KTT APEC oleh Telkomsel  dimanfaatkan  tersebut untuk menggelar uji coba jaringan 4G Long Term Evolution (LTE). Izin dari pemerintah pun sudah dikantongi oleh Telkomsel. “Kami menggelar trial LTE di Jakarta, Bali, Batam, dan Manado,” jelas Direktur Utama Telkomsel Alex Janangkih Sinaga.

Untuk di Bali, tentunya sudah mendapatkan izin dari Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) untuk menyediakan layanan LTE di seluruh venue KTT APEC Oktober nanti.

Telkomsel akan menggandeng Nokia Siemens untuk menggelar sekira 20 BTS dalam uji coba 4G LTE selama KTT APEC berlangsung di Bali. “Akan ada sekira 20-an BTS di seluruh venue KTT APEC, dan Nokia Siemens yang akan jadi vendor perlatannya. Jadi karena masih trial, akses LTE di APEC gratis. Harapan kami testing trafiknya benar-benar real,” jelas Alex.

KTT APEC dilaporkan akan dihadiri sekira 200 negara dengan 92 diantaranya sudah mengomersialkan 4G LTE. Maka jika para delegasi dari 92 negara itu membawa perangkat yang mendukung 4G LTE, mereka tetap bisa menikmatinya di Indonesia.

Siapa yang keluar sebagai pemenang pertempuran ini, kita lihat setelah KTT APEC Usai. Semoga setelah layanan yang dipersiapkan selama KTT APECdilakukan tetep oke walau Konfrensi telah usai

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close