News

Polytron Patenkan 38 Temuannya

PT Hartono Istana Teknologi, produsen elektronik dalam negeri terbesar dan terkemuka di Indonesia dengan merek Polytron, sampai dengan akhir tahun 2012 telah mematenkan 38 temuannya ke Amerika Serikat, Kanada dan Indonesia guna melindungi hak atas kekayaan intelektual perusahaan nasional itu.

Public Relations & Marketing Event Manager PT. Hartono Istana Teknologi, Santo Kadarusman, mengatakan sampai saat ini Polytron telah mengajukan 38 permohonan paten untuk produk audio, video dan home appliances yang telah disetujui atau masih dalam proses di tiga negara tersebut.

“Kami juga telah mengajukan sejumlah permohonan temuan desain kami, setelah UU Desain Industri tersebut berlaku efektif di Indonesia,” ujar Santo. Dipilihnya Amerika Serikat dan Kanada sebagai pendaftaran paten di luar Indonesia, katanya, merupakan upaya Polytron dalam ekspansi ke negara tujuan ekspor. Apabila temuan tersebut sudah mendapat paten di negara itu, lanjutnya, maka tidak sulit untuk mendapat paten atau penetrasi ke negara tujuan.

Saat ini, menurut Santo, 5% dari total nilai penjualan produk Polytron sudah di ekspor ke negara kawasan Asia, Timur Tengah, Eropa dan Australia. Dan kami hanya melayani ekspor dengan merek Polytron. Temuan baru ini, lanjut Santo, merupakan pengembangan dari divisi Litbang PT Hartono Istana Teknologi yang didirikan pada tahun 1982 dengan tujuan membuat desain produk sendiri. “Agar produk Polytron tidak ditiru oleh kompetitor, semua temuan tersebut akan dipatenkan, “ katanya, seraya menambahkan hingga saat ini belum ada produk temuan Polytron yang ditiru atau dijiplak perusahaan lain.

Produk Polytron yang di patenkan itu di antaranya Nano Hifi, Zeppelin Speaker, TV Bursa, Teknologi Sing A Song, pengeras suara televisi dengan panjang setinggi tabung gambar, pesawat mini compo yang dilengkapi dengan perekam pembicaraan telepon, serta pengeras suara dengan kumparan suara multifilar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close