News

Pelatihan Internet bagi Usaha Mikro Kecil Menengah & Koperasi

Smartfren, Operator telekomunikasi berbasis teknologi  EV-DO Rev.B Fase 2 di Indonesia, kembali menggelar  kampanye “Live Smart” melalui program CSR “Smartfren untuk Indonesia”. Selain memberikan bantuan materi,  program CSR Smartfren  berfokus pada sosialisasi content “Live Smart”, yaitu mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk hidup secara cerdas. Selain berfokus membantu bidang pendidikan, program ini juga secara konsisten mendukung Pengembangan Kewirausahaan dan Pelatihan Internet Cerdas kepada pelaku Usaha Mikro Kecil  Menengah dan Koperasi (UMKM).

User Experience di Pelatihan Internet UKM okini diwujudkan dalam  beberapa aktifitas pelatihan kewirausahaan dan pelatihan internet cerdas untuk pengembangan bisnis UMKM. Kegiatan perdana dilakukan di Tangerang Selatan pada tanggal 21 Maret 2013 dan diikuti oleh 13 Warnet Cerdas TBM (Taman Bacaan Masyarakat) di Komunitas MAGMA (Masyarakat Gemar Membaca).

Workshop ini merupakan keberlanjutan dari program CSR “Smartfren untuk Indonesia” yang sebelumnya telah memberikan bantuan infrastruktur Internet Cerdas dan pelatihan “Teacher Discovery” kepada 55 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) binaan MAGMA selama periode Januari – Februari 2013. Dalam event ini Smartfren bersinergi dengan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang dan dihadiri oleh pemerintah Kota Tangsel, yaitu Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Tangsel Chaerudin dan Kepala Dinas Koperasi & UMKM Nurdin Marzuki.

“Dukungan Smartfren kepada UKM ini merupakan realisasi dari himbauan Pemerintah Kota Tangerang Selatan kepada pihak swasta untuk memberikan CSR kepada masyarakat Tangsel yang membutuhkan di bidang pendidikan, kesejahteraan, dan lainnya,” demikian disampaikan oleh Nurdin Marzuki dalam acara Sosialisasi tentang CSR (Corporate Social Responsibility) kepada pelaku UKM dan Koperasi di Kota Tangerang Selatan pada tanggal 25 Juni 2013. Dalam acara ini Dinas Koperasi & UKM Tangsel mengundang Smartfren untuk sebagai salah satu pembicara dari sektor swasta untuk menyampaikan paparan mengenai program CSR Smartfren yang telah dan akan diberikan kepada UKM.

workshop_kokoru okeKeunikan implementasi program-program CSR Smartfren di atas adalah Smartfren bersinergi dengan empat komponen masyarakat terkait yang mempunyai perhatian terhadap UMKM yaitu universitas (university), pemerintah (government), sektor swasta (private sector), dan masyarakat (society). Keempat unsur ini secara unik bisa disingkat menjadi U-GPS. Analoginya seperti alat GPS (global positioning system) yang memberikan arah, maka empat unsur U-GPS di atas diharapkan menjadi bersatu (unity) untuk memberikan arah menuju terciptanya kehidupan masyarakat yang lebih cerdas, sesuai dengan tagline Smartfren yaitu Live Smart.

“Sinergi ini adalah wujud dari semangat gotong royong yang merupakan nilai utama yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu kala. Nilai ini jangan sampai memudar, untuk itu harus dibangkitkan lagi. Inilah yang menjadi jiwa dari CSR Smartfren, yaitu tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi yang lebih penting adalah memberi teladan dalam membangkitkan semangat gotong-royong di masyarakat. Secara universal, semangat gotong-royong ini kita sebut helpful. Nah, visi CSR Smartfren adalah bersama-sama komponen masyarakat yang lain mewujudkan Helpful Community (masyarakat gotong royong) untuk Indonesia“, demikian penjelasan dari Henky S. Chahyadi, Vice President Program Smartfren untuk Indonesia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close