News

Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik Lebaran

Saat-saat Ramadhan dan menjelang lebaran kegiatan telekomunikasi baik itu trafik data, trafik voice maupun SMS, selalu meningkat. Situasi seperti terjadi setiap tahunnya. Ini menjadikan perusahaan operator seluler bersiap memberikan layanan terbaik bagi kegiatan komunikasi pelanggannya.

Untuk itu Telkomsel melakukan uji jaringan “Network Drive Test”. Hal ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Telkomsel Siaga dengan tema ‘Unbreakable Connection’. Uji jaringan kali ini dipimpin langsung oleh Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief melewati jalur Kereta Api (Jakarta – Semarang) dan Bus (semarang – Solo).

Tsel uji jaringan2Abdus Somad Arief mengatakan, “Kegiatan uji jaringan ini merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan layanan yang berorientasi pada quality of service. Momen Ramadhan hingga Lebaran merupakan saat yang penting bagi para pelanggan, mengakses data.” Menurut dia, dipilihny jalur ini, karena Jakarta-Semarang-Solo terjadi lonjakan  trafik tertinggi setiap tahunnya.

Seperti halnya tahun lalu, Telkomsel memperkirakan adanya lonjakan trafik di beberapa daerah yang disebabkan oleh perpindahan pelanggan saat mudik dari suatu kawasan ke tujuan mudik.

Rata-rata lonjakan untuk semua layanan selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai antara 20 – 50% dibandingkan hari biasa. Hal tersebut telah diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Di sepanjang jalur utama mudik Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di luar Jawa telah disediakan kelonggaran sebesar 22% – 43% sesuai perkiraan kebutuhan setiap kawasan, seperti di Jawa Barat dengan kelonggaran kapasitas 22%, Jawa Tengah 43%, dan Jawa Timur 26%.

“Mengacu kepada data dan trend kenaikan trafik komunikasi, tim kami melakukan identifikasi tempat-tempat yang akan menjadi tujuan aktifitas pelanggan selama periode Ramadhan, Arus Mudik, Hari Raya Lebaran dan Arus Balik.

Khusus di tempat-tempat tersebut kapasitas akan kami maksimalkan dengan aktivitas seluruh fitur dan berbagai improvement untuk peningkatan kapasitas juga kami lakukan.

Kami pun menyiapkan tambahn mobil BTS COMBAT (COmpact Mobile BAse sTation) sebanyak 50 (Lima Puluh) unit untuk ditempatkan di titik-titik strategis di seluruh Indonesia sehingga mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data”, ungkap Abdus Ahmad.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close