News

Layanan Kiriman Uang Lintas Operator

3 operator4 okMasyarakat Indonesia yang ingin melakukan kegiatan pengiriman  uang kini tak perlu lagi merasa kerepotan. Pasalnya, tgia operator besar tanah air yakni Telkomsel, XL dan Indosat, sepakat berkolaborasi meluncurkan inovasi layanan E-money Interoperability (P2P Transfer) atau layanan Pengiriman Uang Elektronik Lintas Operator. Sebelumnya, masing-masing operator sudah terlebih dahulu mempunyai program layanan e-money. Telkomsel dengan  t-cash, Xl  punya  XLTunai, dan Indosat memiliki Dompetku.

Bila digabung, jumlah seluruh pelanggan ketiga operator itu kurang lebih  230 juta pelanggan. Dan, kolaborasi ini untuk mengembangkan dan memperluas jaringan layanan uang elektronik di Indonesia. Ini dengan meningkatkan percepatan layanan uang elektronik, menambah jalur distribusi, meningkatkan trafik SMS secara eksponensial. Juga, sebagai salah satu bentuk dukungan kepada Bank Indonesia mengembangkan program less cash society. Dan hebatnya juga system Transaksi ini merupakan yang pertama di dunia.

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution mengtakan,” Diharapkan semakin banyak operator seluler dan bank yang akan mengikuti jejak layanan ini.” Sehingga, menurut Darmin Nasution, invovasi tersebut dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas dan member nilai tambah bagi kemajuan industry system pembayaran dan perbankan, serta mendukung perekonomian dan stabilitas system keuangan di Indonesia.

Manfaat layanan lintas operator ini di antaranya, pelanggan dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan via henpon dan secara tidak langsung akan meningkatkan customer experience dan loyalitas pelanggan.

Untuk tahap awal ini, jenis henpon yang dapat digunakan adalah GSM dan tariff yang dikenakan sebesar Rp 2.000 per transaksi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close