News

XL Kembangkan Jaringan Game Lokal

XL KotaGame okAkhir-akhir ini semakin banyak saja orang Indonesia yang menggemari social game melalui jejaring social. Seperti di Facebook ada Farm Ville, Mafia Wars, atai The Sims Social. Ini membuka peluang bagi pengembang game lokal Indonesia untuk ikut menikmati bisnis game.

Fenomena ini ditangkap oleh XL dengan meluncurkan “XL Developer Network Road to GameHack 2013”. Program ini bekerja sama dengan TheMobileGamer (TMG), sebuah perusahaan game asal Negeri Singa.

Direktur Technology, Conten & New Business XL, Dian Siswarini, yang diwakili GM Content & Application XL Revie Sylviana, mengatakan,” Program XL Development Network ini merupakan kelanjutan dari KotaGame yang diluncurkan tahun lalu.

Program ini diharapkan mampu mendorong terciptanya ekosistem yang baik bagi XL,TMG dan para pengembang game. Serta merangsang para developer untuk lebih banyak lagi menciptakan game di platform KotaGame yang tersedia di XL”.  KotaGame sendiri adalah platform social game berbasis browser pertama di Indonesia.

XL Developer Network akan dilakukan dengan cara merangkulberbagai komunitas pengembang game di Indonesia antara lain dengan penyelenggaraan workshop  di beberapa kota seperti Jakarta/Depok, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.  Ini untuk memperkenalkan sisi teknis pembuatan game social dan integerasi ke KotaGame. Workshop ini juga untuk mempersiapkan peserta mengikuti GameHack yang akan dilakukan Maret 2013.

Ada perbedaan antara bermain game di KotaGame dengan di jejaring social. Di KotaGame orang biusa memainkannya via henpon. Jadi lebih mudah, praktis, dan semakin banyak yang bisa memmainkannya. Sementar main game di jejaring social menggunakan computer dengan kemampuan khusus.

Konten-konten game yang canggih, biasanya hanya bisa dimainkan di smartphone saja. Padahal di Indonesia, pengguna smartphone boleh dibilang masih sedikit dibanding feature phone. Game-game di KotaGame dioptimalkan agar bisa dimainkan baik di feature phone atau smartphone.

Pengguna tidak perlu mendownload atau menginstal game KotaGames karena gamenya berbasis browser koneksi GPRS. KotaGame sendiri  setelah diluncurkan Februari 2012 lalu telah mempunyai 1,2 pemain dan terus meningkat dengan pertumbuhan 30 % per bulannya.

Di dalam KotaGame, pemain bisa menikmati berbagai game social buatan TheMobileGamer dan pengembang lainnya. Saat ini sudah ada 19 game. Sembilan game buatan TheMobileGamer, sisanya dari pengembang pihak ketiga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close