News

XL MAKIN SERIUS KEMBANGKAN LAYANAN M2M

XLM2MXL makin serius untuk mengembangkan bisnis layanan Machine to Machine (M2M). Ini ditandai dengan dilakukannya kerja sama antara XL dengan Ericsson untuk menyusun sebuah platform khusus layanan M2M.

Direktur Teknologi, Content & News Business XL, Dian Siswarini mengatakan, “Tujuan kerjasama dengan Ericsson ini adalah untuk mengimplementasikan platform (sistem) M2M yang akan memberikan keleluasaan bagi XL untuk mengembangkan produk dan layanan M2M secara end to end.”Sejak didirikannya divisi M2M di awal tahun 2012 lalu, hingga kini, XL telah memiliki 5 jenis layanan M2M dengan total lebih dari 92 ribu pelanggan. Didominasi oleh kalangan industri.

Sam Saba, Presiden Direktur Ericsson Indonesia mengatakan, “Sejalan dengan visi Ericsson, bahwa di tahun 2020, akan ada lebih dari 50 miliar peranti terkoneksi di seluruh dunia. Sangat banyak keuntungan dari konektivitas yang akan selalu terhubung – mulai dari henpon, mobil, lemari es, hingga mesin cuci. Karenanya, M2M akan menjadi komponen penting dalam menentukan masa depan pertumbuhan industri selular di dunia dan Indonesia khususnya.”

Pada kerjasama ini, Ericsson menyediakan Ericsson Device Connectivity Platform (EDCP), sebuah platform yang memungkinkan XL dan pelanggannya untuk mengatur dan mengendalikan penggunaan layanan solusi M2M yang tersedia secara personal, dimana pun dan kapan pun. Dengan platform ini juga akan membantu mengubah jutaan kesempatan bisnis M2M dan produk-produk elektronik menjadi sebuah keuntungan. Termasuk bagi para pengusaha kecil dan menengah (UKM) dan korporasi.

Kerjasama ini mengacu pada ekosistem bisnis yang saling menguntungkan, potensi yang sangat besar atas kebutuhan koneksi yang berasal dari berbagai macam industri, baik mesin-mesin di pabrik, kendaraan, pertanian, peternakan, transportasi sampai perangkat rumah tangga. Beberapa sektor bisnis yang sudah mersakan pentingnya teknoligi ini antara lain keamanan, logistik, transportasi, kesehatan dan keuangan.

Produk-produk M2M dari XL yang sudah ada, AMR (Automated Meter Reader, contohnya Smart metering untuk PLN), POS (Point Of Sales, contohnya EDC, wireless ATM, dll), EMS (Enterprise Mobile Solutions) / Sales Force (aplikasi mobil untuk koprorasi), X-Locate (Fleet Management & logistic, contoh penerapannya monitoring kendaraan, pengiriman barang), dan XLMobile Xurveillance (yaitu solusi pengawasan pada lokasi / area tertentu melalui kamera).

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close