News

Uji Jaringan Indosat,Semarang Surabaya,nyaman Lancar

Buat memastikan  layanan dan kapasitas jaringan yang telah disiapkan dapat digunakan dengan baik oleh pelanggan selama Ramadhan dan mudik Lebaran, Indosat melakukan uji jaringan telekomunikasi selulernya di 2 kota yang menjadi jalur utama kegiatan mudik yaitu Semarang dan Surabaya.

Uji jaringan atau drive test bertujuan untuk memastikan bahwa layanan Indosat di wilayah-wilayah yang menghubungkan berbagai daerah tujuan mudik tersebut dapat diakses dan dinikmati pelanggan dengan nyaman, lancar dan tanpa gangguan.

Beberapa parameter yang diukur antara lain tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan bila pelanggan melakukan panggilan telepon, tingkat kesuksesan pengiriman SMS oleh pelanggan. Kecepatan pelanggan dalam melakukan browsing data juga diuji, termasuk vidoe streaming.

Uji jaringan di lakukan untuk semua layanan Indosat baik suara, SMS maupun data, di titik-titik dan jalur-jalur padat pemudik. Kegiatan ini pun dilakukan secara mobile terus-menerus (drive test) dari lokasi satu ke lokasi berikutnya diatas.

Di Surabaya dilakukan seperti di bandara Juanda Surabaya  yang menjadi penghubung penerbangan dari dan ke wilayah Indonesia Bagian Timur. Uji jaringan juga dilakukan stasiun Gubeng yang menjadi penghubung pemudik dari wilayah Barat ke Timur serta sebaliknya. Kebun Binatang Surabaya juga menjadi titik uji jaringan sebagai salah satu tujuan wisata pemudik saat Lebaran.

Dari uji jaringan di Surabaya, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 97.27%, tingkat call drop 0%, tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100% dengan rata-rata kecepatan pengiriman 9 detik. Akses internet yang mengambil lokasi di Kebun Binatang Surabaya memperoleh  3.02 Mbps. Untuk mengunduh (download) dokumen sebesar 73.67 MB dengan menggunakan perangkat smartphone, hanya membutuhkan waktu 2 menit.

Sementara itu uji jaringan di Semarang sebagai salah satu kota jalur mudik terbesar juga dilakukan di Bandara Ahmad Yani sebagai pintu masuk jalur udara. Kemudian di sepanjang jalur Semarang – Ungaran yang merupakan jalur utama yang cukup padat selama mudik Lebaran karena menghubungkan Jawa Tengah bagian utara ke kota-kota di bagian selatan wilayah tersebut.

Uji jaringan di wilayah ini juga menunjukkan hasil yang positif. Dari uji jaringan di Semarang, tingkat rata-rata keberhasilan menelpon adalah 100 % (2G) dan 98% (3G), tingkat call drop 0 % (2G) dan 2% (3G),  tingkat kesuksesan pengiriman SMS : 100% dengan rata-rata kecepatan pengiriman 8 detik. Akses internet yang mengambil lokasi di Airport, Lawang Sewu, Terminal Banyumanik, Restauran Godong Salam Semarang memperoleh hasil rata-rata kecepatan 2.1 Mbps.

Beberapa indikator pengukuran ini menunjukkan performasi bagus di kedua kota jalur mudik tersebut. “Melihat performansi yang baik dari beberapa indikator pengukuran selama uji jaringan tersebut, kami yakin dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kami selama masa mudik lebaran”, kata  Adrian Prasanto, Division Head Public Relations PT. Indosat Tbk.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close