News

Tak ada lagi Nokia Made in Finland

Pabrik Nokia di finland okDengan  Penutupan Pbrik Nokia di Finland, kita tak akan lagi menemukan henpon Nokia Made in Finland. Berita tersebut dilangsir pada hari jumat (27/7/2012). Seperti diketahui Finland adalah merupakan asal Negara produsen henpon Nokia yang begitu terkenal dalam satu dekade ini.

Semakin terkuaknya kesulitan yang dialami oleh produsen henpon nomer 1 di dunia,  juga di Indonesia dimana merek Nokia begitu popular, bahkan di Indonesia memiliki julukan henpon sejuta umat.

Salah satu  kemundurannya adalah kalah bersaing dari sisi teknologi dimana semakin bergesernya penggunaan system Operasi henpon seperti Android, OIS, Blackberry. Sementara system Operasi yang dikembangkan kerjasama dengan Windows melalui windows Phone oleh Nokia belum begitu disambut antusias oleh para pengguna henpon.

Makanya salah satu dampak dari hal ini dan merugi, ditutupnya Pabrik yang berlokasi di daerah Salo, yang berhenti memproduksi ponsel sehari sebelumnya. Menurut jadwal, pabrik akan secara resmi ditutup bulan September mendatang.

Akhirnya,  akibat dari penutupan pabrik ini, sekitar 780 karyawan Nokia akan kehilangan pekerjaan mereka. Dan akhirnya Ponsel Nokia yang sempat merajai pasaran selama lebih dari satu dekade pun tak ada lagi  “made in Finland”.

Saat ini Nokia sedang terus berusaha berusaha melakukan penghematan setelah terus mengalami kerugian selama beberapa kuartal terakhir. Juni lalu Nokia mengumumkan rencana merumahkan sekitar 3.700 pekerjanya di Finlandia.  Bahkan sebanyak 10.000 karyawan Nokia di seluruh dunia terancam diberhentikan menjelang akhir 2013.

Untuk melakukan penghematan Nokia juga berencana melakukan penutupan fasilitas riset dan pengembangan Nokia di Kanada dan Jerman.  Nokia mengatakan bahwa penutupan kedua fasilitas itu, bersama dengan pembubaran pabrik terakhir di Finlandia, bisa menghemat  uang hingga 2 miliar dollar AS sampai akhir tahun depan. Duh ngenes banget ya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close