News

Telkomsel tambah BTS 3G Menghadapi Lebaran

telkomsel siaga okeBuat melayani kebutuhan pelanggan terhadap akses  komunikasi terbaik dan Menyambut  Lebaran  1433 H ini Telkomsel fokus dalam penambahan kapasitas dan monitoring kualitas jaringan. Selain mengedepankan jaminan kualitas terhandal, Telkomsel juga menghadirkan produk khusus Ramadhan Kartu As dan simPATI dengan fitur dan layanan yang sangat unik untuk menunjang maraknya gaya hidup digital

Dari tahun ke tahun trafik SMS, suara, MMS maupun data mengalami peningkatan yang signifikan di atas 30% pada tahun 2011. Sepanjang perayaan lebaran tahun 2012 Telkomsel telah siap melayani lonjakan trafik yang diprediksi akan terjadi menjelang Lebaran maupun pada saat hari ‘H’ Lebaran.

Head of Network Services and Quality Group Telkomsel yang juga selaku Operation Commander Telkomsel Siaga 2012, Hendry Mulya Syam menuturkan, ”Merupakan komitmen Telkomsel untuk memberikan layanan yang terbaik, khususnya dalam mengantisipasi lonjakan trafik Lebaran, kami melakukan penambahan kapasitas jaringan. Upaya ini merupakan komitmen Telkomsel untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia agar tetap nyaman selama bulan Ramadhan dan Lebaran.”

Untuk  melayani lebih dari 110 juta pelanggannya, Telkomsel menambah BTS hingga saat ini berjumlah lebih dari 49.000, termasuk penambahan lebih dari 3.500 BTS 3G (BTS node B) yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia dengan bandwith 23 Gbps (Giga bit per second) untuk kenyamanan mobile Broadband communication. Hal ini dilakukan Telkomsel karena histori trafik data melonjak tinggi dari tahun 2010 ke tahun 2011, dari 41 terabyte ke 101 terabyte. Lebaran tahun ini, diperkirakan trafik akses data menjadi 160 terabyte. Total BTS 3G Telkomsel di seluruh Indonesia adalah lebih dari 12.700 unit.

Kemampuan handling  pelanggan VLR (Visitor Location Register) juga ditingkatkan menjadi 207 juta, dengan kapasitas kelonggaran daya tampung perpindahan pelanggan mudik 35-45 persen. Jumlah kapasitas HLR (Home Location Register) tahun 2012 adalah 295,9 juta subscribers, meningkat dari Lebaran 2011 yang sebesar 282 juta subscribers.

Sebagai stasiun yang mengkoordinasikan beberapa BTS sekaligus, jumlah BSC (Base Station Controller) ditingkatkan menjadi 580 BSC (High Capacity) dan 107 RNC (Radio Network Controller). Dengan peningkatan kapasitas IN (Intelligent Network) menjadi 173,5 juta subscribers, tentu saja akan meningkatkan kenyamanan pelanggan. Kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 104.400 SMS/detik di tahun 2012, dibanding tahun lalu yang kapasitanya tercatat  83.750 SMS/detik.

Di bulan Ramadhan tahun ini juga Telkomsel menghadirkan kartu perdana simPATI yang disertai beragam paket menarik mulai dari Paket Flash Ultima, Paket Download-an Sahur, dan Paket promo Opera Mini, Whatsapp dan LINE. Semua layanan ini khusus diberikan kepada pelanggan agar lebih mudah, nyaman dan hemat untuk memenuhi kebutuhan akses komunikasi dan layanan data selama bulan Ramadhan.

Dengan simPATI pelanggan mendapatkan aplikasi  dan diskon menarik selama bulan Ramadhan.  Diantaranya, aplikasi love Indonesia dan pembelian e-book melalui aplikasi Scoop.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close