News

XL Luncurkan “Kampung UKM Go Online”

Perkembangan teknologi digital memberikan kemudahan bagi sektor usaha kecil menengah (UKM). Penawaran produk atau jasa saat ini bisa dilakukan melalui internet secara mudah, murah, dan menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan program “Kampung UKM Go Online” sebagai bentuk dukungan bagi UKM di Surabaya, pekan lalu.

Menurut GM. FMS East – Adi Yuharman, “Sebagian UKM di Surabaya belum memanfaatkan kecanggihan teknologi digital untuk mendukung pemasaran produknya. Padahal dengan memanfaatkan internet, mereka bisa menawarkan produk secara nasional bahkan menjangkau pasar internasional. XL berkomitmen untuk terus menghadirkan program-program yang bertujuan untuk memaksimalkan manfaat layanan.”

Adi menambahkan, program ini sekaligus merupakan bentuk dukungan XL untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan menjadi kekuatan utama perekonomian di Kota Surabaya pada tahun 2015. Melalui program ini pula sebanyak 10 UKM asal Kota Surabaya mendapatkan bantuan berupa komputer dan akses internet, serta pelatihan pemasaran melalui media digital sekaligus pendampingan selama 3 bulan.

Pelatihan yang dimaksud mencakup penggunaan internet baik untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai kewirausahaan, maupun tentang pemasaran digital. Peserta akan mendapatkan materi penggunaan beragam format media digital untuk pemasaran secara online. Dan membuat jaringan usaha dengan memanfaatkan akses inetrnet.

Pada tahun ini, program  sementara masih berfokus di Surabaya. Ke-10 UKM tersebut bergerak di bidang makanan, fashion (tas, sepatu, dan batik tulis), daur ulang, pengolahan hasil laut, dan dinamo. Program ini mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Daerah Kota Surabaya. Mengingat besarnya manfaat program Kampung UKM Go Online ini, XL berencana untuk memperluas hingga menjangkau UKM ke berbagai kota di Jawa Timur.

Program ini memberikan satu peralatan komputer lengkap dengan koneksi internet HotRod3G+, dan satu buah telepon umum gratis (TUG) di setiap kampung UKM sehingga memudahkan warga melakukan komunikasi semaksimal mungkin terutama untuk pemasaran produk UKM.

Saat ini jaringan XL di Jawa Timur telah menjangkau hampir semua kecamatan di yang ada di provinsi tersebut. Jaringan andal XL saat ini didukung oleh lebih dari 30 ribu BTS (2G/3G) di seluruh Indonesia. (Irianto PW)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close