News

XL melakukan Uji Jaringan disepanjang Jalur Mudik

Uji Jaringan XLPada 6 – 7 juli 2012 PT XL Axiata Tbk (XL) melakukan uji jaringan melalui jalur kereta api dari Jakarta ke semarang dan diteruskan ke Jogya dengan menggunakan bus. Hal ini  melakukan untuk mengetahui dan merngantisipasi lonjakan trafik.  Untuk itu, XL sudah mulai mempersiapkan menaikkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dalam menghadapi situasi tersebut.

Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi mengatakan, ”Pada uji kesiapan jaringan ini, XL juga mengajak serta sejumlah media dan blogger agar masyarakat dan pelanggan mengetahui keseriusan XL menyiapkan jaringan yang terbaik. Semua sumberdaya yang kami miliki saat ini akan dikerahkan, termasuk juga berbagai perangkat pendukung.”

Uji sinyal ini dilakukan di sepanjang jalur mudik pelanggan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang, Banjarmasin, Bali, Lombok dan Makassar. Uji kesiapan jaringan ini dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi melalui jalur darat, dengan kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo, dan Surabaya-Yogya) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut menggunakan ferry (Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk).

Uji sinyal yang dilakukan menggunakan peralatan dan metode standar yang diakui secara regulasi. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service),  dan data (internet dan BlackBerry).

Hasnul menambahkan, jaringan XL didukung oleh teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik  pada  satu  lokasi tertentu  karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 2 tahun terakhir.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close